Jabatan Kapolsek Kahaunga Eti dan Rindi Diserahterimakan

Tribratanewssumbatimur.com – Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH memimpin langsung jalannya serah terima jabatan (sertijab) Kapolsek Kahaunga Eti dan Kapolsek Rindi yang digelar di lapangan apel Polres Sumba Timur, Senin (14/1/19) pagi.

Upacara Sertijab Kapolsek Kahaunga Eti dan Kapolsek Rindi dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kapolda NTT Nomor : KEP/648/XII/2018 tanggal 1 April 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTT.

Bersadarkan Surat Telegram tersebut, Ipda Yakob Temaluru yang sebelumnya menjabat Wakapolsek Lewa dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Kahaunga Eti menggatikan Iptu I Ketut Sudina, sedangkan Ipda Maryana yang sebelumnya menjabat Kaurbinopsnal Satsabhara, menggantikan Iptu I Wayan Candi sebagai Kapolsek Rindi.

pengambilan sumpah jabatan oleh Kapolres Sumba Timur kepada pejabat yang baru didampingi rohaniawan (Dok Humas resST)

Dalam upacara serah terima jabatan tersebut dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan oleh Kapolres Sumba Timur kepada pejabat yang baru didampingi rohaniawan, serta dilakukan penandatanganan berita acara sertijab, pakta integritas, dan berita acara sumpah jabatan yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH dalam sambutannya mengatakan serah terima jabatan dalam organisasi merupakan hal yang biasa dan sebagai bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi, selain sebagai regenerasi dan promosi yang senantiasa terjadi berkesinambungan, sehingga dalam rangka mendinamisir organisasi Polri agar mampu menampilkan reformasi yang memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat.

“ pergaintian jabatan atau mutasi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, tak terkecuali dilingkungan Polri. Sebagai bentuk penyegaran dan pengembangan karier anggota kedepannya. Dengan pergantian jabatan di lingkungan Polres Sumba Timur diharapkan akan membawa perubahan dan penyegaran khususnya dalam pelaksanaan tugas operasional sehingga kedepan Polri akan baik dan maju, “ kata Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH.

“ seorang pemimpin harus memiliki figur manager yang peka terhadap perkembangan lingkungan, responsif, adaptif, konsisten terhadap kebijakan pimpinan polri, mampu mengelola resiko kebijakan dengan baik, memiliki integritas dan komitmen terbuka terhadap perubahan, mempunyai pola pandang visioner, serta berwawasan luas,” ungkap Kapolres.

“ tugas dan tanggung jawab jabatan, khususnya jabatan Kapolsek saat ini semakin berat dan penuh resiko, hal ini terkait dengan tugas pokok dan tanggung jawab Kapolsek yaitu mampu melakukan pembinaan dan mengarahkan personel dalam melaksanakan tupoksinya masing-masing,” pungkas Kapolres.

“ saat ini kita sedang menghadapi pengamanan pemilu serantak, agar mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif agar seluruh anggota tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu dalam meberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian,” kata Kapolres.

Lanjutnya “ petakan setiap kerawanan dan lakukan deteksi dlnl dengan mengoptimalkan fungsi intelijen didukung bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemilu dapat diantisipasi sedini mungkin, dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.

“ baik Kasat maupun Kapolsek agar setiap anggota yang akan turun ke TKP selalu memberikan arahan karena apabila terjadi kesalahan prosedur dampaknya sangatlah besar dapat merugikan anggota dan keluarganya, serta mencermarkan nama baik isntitusi polri yang kita cintai ini,” imbau Kapolres.

“ pada kesempatan ini saya secara pribadi selaku Kapolres Sumba Timur serta keluarga besar Polres Sumba Timur menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdiannya, loyalitas dan dedikasinya sebagai Kapolsek dalam pemeliharaan harkamtibmas diwilayah.” Ujar Kapolres.

“ kepada pejabat baru, saudara diberikan kepercayaan oleh pimpinan untuk dapat melaksanakan tugas promosi jabatan, dengan berbekal pengalaman tugas yang telah lalu pimpinan yakin bahwa saudara dapat melaksanakannya dengan baik, segera menyesuaikan dengan kondisi situasi yang ada,” ucap Kapolres.

Dalam kegiatan sertijab tersebut, hadir Wakapolres Sumba Timur Kompol Vialis Sobak, para Pejabat Utama, para Kapolsek jajaran dan Bhayangkari Cabang Sumba Timur beserta para pengurus.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Berbalut Kain Tenun Sumba Timur Wakapolda NTT Hadiri Sumba Heritage Fashion Carnival

Tribratanewssumbatimur.com – Berbalutkan kain tenun khas Sumba Timur Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *