Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2018, Bupati Sumba Timur Bacakan Amanat Mensos

Tribratanewssumbatimur.com   Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora, M.Si memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Sumba Timur, Kamis (10/11) pagi.

Hadir pada upacara tersebut, Pimpinan DPRD dan anggota DPRD Kab.Sumba Timur, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perwira TNI dan Polri, PKK Sumba Timur, Persit KCK Kodim 1601, Bhayangkari ST, pasukan TNI Polri, pasukan Pol PP, pasukan Tagana, pasukan Korpri, pasukan Mahasiswa Akper Parodi Waingapu, siswa SMA, SMP dan SD

Dalam amanat Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan Bupati Sumba Timur selaku inspektur upacara menyampaikan, setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakankemerdekaannya.

Baca Juga : Bupati Sumba Timur Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Umbu Ndawa Kareuk

Lanjutnya, di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

“ seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” ujar Bupati.

“ peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subfansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bupati.

“ tema Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah,’Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan har yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

“ pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis,” ujarnya.

“ setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Tedebih lagi dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya,” ujarnya.

“ pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2018 di Kabupaten Sumba Timur juga dibarengi dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 yang jatuh pada tanggal 12 November 2018.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Bhayangkari Ranting Waijelu Gelar Baksos Berupa Sosialisasi Kesehatan Gigi

Tribratanewssumbatimur.com – Bhayangkari Ranting Wula Waejelu, Polres Sumba Timur bekerja sama dengan Puskesmas Baing menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *