Polres Sumba Timur Gelar Sertijab Pejabat Utama dan Kapolsek, Salah Satunya Putra Daerah

Polres Sumba Timur Gelar Sertijab Pejabat Utama dan Kapolsek, Salah Satunya Putra Daerah

Tribratanewssumbatimur.com – Kepolisian Resort (Polres) Sumba Timur menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) Kabag, Kasat dan Kapolsek, Rabu (28/8/2019) pagi.

Sertijab ini berlangsung di lapangan apel Polres Sumba Timur yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH, SH. Adapun jabatan yang diserahterimakan yaitu Kabag Sumda, Kabag Sumda, Kasat Lantas, Kapolsek Pandawai, Kapolsek Lewa, Kapolsek Pinupahar, Kapolsek Waingapu Kota dan Kapolsek Wula Waijelu.

Jabatan Kabag Sumda dan Kabag Ren yang sebelumnya kosong karena pejabat lama pensiun. Jabatan Kabag Ren diisi oleh AKP Eujebio Bere S.H. M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Pandawai sedangkan jabatan Kabag Sumda diisi oleh AKP Burhanudinyang sebelumnya menjabat sebagai Kaurren Subbagrenmin Ditbinmas Polda NTT.

Kasat Lantas Sumba Timur yang sebelumnya dijabat oleh Iptu Bery Nathaniel, SH diisi oleh Iptu Leyfryds Didrak Mada, S.H yang juga merupakan mantan Kasat Lantas Polres Sikka. Jabatan Kapolsek Lewa yang diemban oleh Iptu Rio Putrayanto Siahaan, S.I.K digantikan oleh Ipda Sayyid Malik Ibrahim, S. Tr. K.

Putra daerah Sumba Timur Ipda Antonius Umbu Njurumana dilantik sebagai Kapolsek Pinupahar mengantikan Ipda Feryancis Melkianus Dju Bire yang kini menjabat sebagai Kapolsek Wula Waijelu sedangkan jabatan Kapolsek Pandawai diisi oleh Iptu Gusti Ngurah Bambang Ariawan.

Dalam sambutannya Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH, SH menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam organisasi merupakan hal yang biasa dan sebagai bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi, selain sebagai regenerasi dan promosi pembinaan karier yang senantiasa terjadi berkesinambungan, sehingga dalam rangka mendinamisir organisasi polri, agar mampu menampilkan reformasi yang memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat.

“ Dibutuhkan figur manager yang peka terhadap perkembangan lingkungan, responsif, adaptif, konsisten terhadap kebijakan pimpinan polri, mampu mengelola resiko kebijakan dengan balk, memiliki integritas dan komitmen, terbuka terhadap perubahan, mempunyai pola pandang visioner, serta berwawasan luas, “ Kata Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH, SH.

“ Tugas dan tanggung jawab jabatan yang di emban pada era reformasi semakin berat dan penuh resiko, hal ini terkait dengan tugas pokok dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin sekaligus manager dalam mendinamisir kegiatan kesatuannya masing-masing,” ungkapnya.

“ Dengan memberdayakan sumber daya dan potensi yang dimiliki, baik di internal kesatuannya maupun menciptakan terobosan, inovasi yang visioner dalam rangka mencapai visi dan misi kesatuan polri, yang profesional, modern, dan terpercaya,” ujarnya.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat lama yang sudah memberikan dedikasi serta kontribusi positif bagi Polres Sumba Timur, juga menyampaikan selamat jalan, selamat bertugas di tempat yang baru.

Kepada para pejabat yang baru ia menekankan agar sesegera mungkin menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru serta dapat memberikan seutuhnya kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

*g26*