Sambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Polres Sumba Timur Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Tribratanewssumbatimur.com – Dalam rangka persiapan menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H, Polres Sumba Timur bersama  instansi terkait lainnya menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor) dalam rangka kesiapan pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2018, Senin (4/6/18) Siang.

Kegiatan Rakor yang dilaksanakan di aula Jananuraga Polres Sumba Timur tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Viktor M. T. Silalahi, SH, MH dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST, MT., Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Timur, Pengadilan Sumba Timur, Basarnas Sumba Timur, Pos AL Sumba Timur, Pelni Sumba Timur dan Pejabat Utama Polres Sumba Timur.

Dalam sambutannya, Kapolres Sumba Timur AKBP Viktor M. T. Silalahi, SH, MH menekankan bahwa Operasi Ketupat Turangga 2018 ini dilaksanakan guna memberi rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang akan menyambut perayaan Idul Fitri 1439 H.

“ perlu dilakukan pengawasan dan memonitor terhadap orang maupun barang terutama pada saat masuk keluarnya kapal laut untuk mengantisipasi ancaman teror yang masuk di wilayah Sumba Timur,” kata Kapolres.

Ditambahkannya, “ ancaman teror juga masih menjadi atensi bersama nantinya. Pengamanan kegiatan terhadap masyarakat seperti salat Id. Selain itu juga pengamanan di pasar-pasar atau kawasan sentra ekonomi, termasuk perbankan.

“ terkait isu radikalisme Polres Sumba Timur telah memberikan himbauan ke  sekolah-sekolah untuk mengantisipasi ancaman terorisme yang disusupi  oleh paham-paham Radikal,” imbuhnya.

“ maraknya kasus laka lantas yang terjadi sehingga Polres Sumba Timur dan Dinas Pehubungan perlu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk mengecek kembali kesehatan para pengemudi,” ujar Kapolres.

“ aparat juga akan melakukan penertipan kepada para penjual miras dan pengawansan terhadap agen penjual mercon dan pengawasan terhadap masyarakat agar pada saat membakar mercon tidak mengganggu Umat yang sedang beribadah. Selain itu, melalui satgas pangan kami juga melakukan pengawasan terhadap harga sembako menjelang Idul fitri, “ ungkap Kapolres.

Pada Operasi Ketupat Turangga 2018 ini disiapkan beberapa Pos Pengamanan (Pos  PAM) dan Pos Pelayanan (POS YAN). Untuk Pos PAM berada di tiga lokasi yakni Pos Pam di KP3 Udara, KP3 Laut dan terminal Matawai.

Sementara itu Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST, MT mengucapkan kasih  kepada Kapolres Sumba Timur  dan anggotanya  dalam melakukan pengamanan  kegiatan ibadah menjelang Idul Fitri

“ agar kita semua mengantisipasi dan memonitor masyarakat yang datang dari luar daerah Sumba Timur yang menggunakan angkutan Laut. Diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat bersama-sama dapat mengamankan hari raya Idul Fitri,” kata Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST, MT

Pihak Pelni Sumba Timur menyampaikan puncak mudik terjadi pada tanggal 3 Juni 2018 melalui KM. AWU dengan tujuan penyebrangan ke Pelabuhan Bima dan untuk mengantisipasi para penumpang yang tidak mendapat tiket, dari pihak Pelni telah berkoordinasi dengan pihak sabandar dan perhubungan sehingga memberikan kebijakan kepada Pelni untuk penambhan tiket sebanyak 341 seat.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Polres Sumba Timur Turunkan Water Canon, Bantu Padamkan Api di Hutan Jati dan Cendana Km 10 Jurusan Waingapu- Lewa

Tribratanewssumbatimur.com  – Kendaraan taktis “Water Canon” milik Polres Sumba Timur diturunkan memadamkan hutan jati dan cendana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *