Bersama Kelurahan Hambala, Saka Bhayangkara Bersihkan Sampah di Pantai Hambala, dan Pelabuhan Rakyat Waingapu

Bersama Kelurahan Hambala, Saka Bhayangkara Bersihkan Sampah di Pantai Hambala, dan Pelabuhan Rakyat Waingapu

Tribratanewssumbatimur.com – Pramuka Saka Bhayangkara Polres Sumba Timur bersama Kelurahan Hambala melakukan pembersihan Sampah di sepanjang pantai Hambala, dan Pelabuhan Rakyat Waingapu di RT 01 kelurahan setempat, Sabtu (9/2/2019) sore.

Brigpol James Guido Pembina pramuka Saka Bhayangkara sekaligus Bhabinkamtibmas Kelurahan Hambala mengatakan pramuka Saka Bhayangkara tergerak untuk membersihkan kotoran sampah di area laut guna menjaga kelestarian laut dan sekitarnya.

“ Sumba ditetapkan sebagai pulau terindah oleh salah satu majalah dari Jerman sebagai pulau terbaik, kita sebagai warga pulau Sumba harus bangga dan menjaga keindahan pulau Sumba dimulai dengan hal kecil seperti membersihkan sampah di sepanjang pantai,” kata Brigpol James Guido.

” kami berharap kaum muda Sumba Timur juga mengikuti jejak kami, jangan hanya menikmati keindahan pantai saja tetapi kita juga harus melestarikannya dengan tidak membuang sampah,” terangnya.

Sementara itu Lurah Hambala, Muhammad Rusdi, S.Sos mengatakan pihaknya bersama pramuka dan para anggota dari Yayasan Wali Ati membersihkan kotoran sampah di pantai itu karena kotoran sampah sangat banyak dan menumpuk sehingga saat menggangu kebresihan dan keindahan pantai. Selain itu, mereka juga membersihkan rumput-rumput yang tumbuh liar di area sepanjang pantai itu.

" pembersihan kotoran sampah di sepanjang pantai Hambala dan wilayah Pelabuhan Rakyat, saya di bantu dari yayasan Wali Ati dan Pramuka Bhayangkara Sumba Timur," kata Rusdi.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 15.00 Wita hingga selesai. Dari aksi tersebut semua kotoran sampah dan rumput yang tumbuh liar di sepanjang pantai itu telah dibersihkan.

” kami berharap kepada masyarakat setempat selalu menjaga kebresihan sampah. Tidak boleh membuang sampah di laut maupun di pantai karena sangat merusak ekosistem biota laut dan juga merusakan keindahan pantai,” harap Lurah Hambala, Muhammad Rusdi, S.Sos.

*g26*