Matangkan Strategi Pengamanan Pilkada, Polres Sumba Timur Gelar TFG

Tribratanewssumbatimur.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan berlangsung pada tahun bulan Juni 2018 mendatang. Provinsi Nusa tenggara Timur akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Kabupaten Sumba Timur yang termasuk dalam wilayah Provinsi NTT juga akan menggelar tahapan Pilkada serentak tersebut.

Untuk mempersiapkan strategi pengamanan dan cara bertindak sesuai dengan job description, Senin (12/2/18) pagi, Polres sumba Timur menggelar kegiatan Tactical Floor Game (TFG) setelah pelaksanaan apel gelar pasukan Ops Mantap Praja Turangga 2018 di halaman Mapolres Sumba Timur.

Kegiatan yang dihadiri oleh pejabat utama Polres Sumba Timur, Kapolsek jajaran, Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD, TNI maupun instansi terkait tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH.

“ Tactical Floor Game yang kita laksanakan ini merupakan strategi untuk mematangkan rencana pengamanan Pilkada di Kabupaten Sumba Timur dan untuk mengetahui cara bertindak dalam menghadapi tahapan-tahapan Pilkada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Kapolres

“ kerawanan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang dipetakan adalah berdasarkan 11 indikator kerawanan yang telah ditentukan oleh Bawaslu RI. Berdasarkan kerawanan tersebut kemudian disusunlah TPS di Kabupaten Sumba Timur dengan kategori Aman I, Rawan I dan Rawan II dan dalam memudahkan pengawasan pengamanan maka wilayah Kabupaten Sumba Timur dibagi menjadi 4 rayon yang dipimpin oleh perwira Polres sebagai pengendali,” terang Kapolres.

“ mari kita mengaktifkan kembali masyarakat agar ikut berpartisipatif dalam pemilihan. Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan mendorong masyarakat untuk proaktif mendaftarkan diri ke petugas PPDP agar dapat terdaftar dalam Daftar Pemilih,” ajak Kapolres.

“ Polres Sumba Timur akan memberikan himbauan kepada masyarakat terutama tokoh masyarakat dan tokoh agama agar turut menyukseskan Pilkada Serentak 2018 dan diingatkan agara setiap penyelenggara Pemilu harus netral,” kata Kapolres.

Baca Juga : Apel Gelar Pasukan Tandai Dimulainya Operasi Mantap Praja Turangga 2018

Secara bergantian para Kasat menyampaiakn strategi pengamanan yang dimuali dengan Kasat Sabhara Iptu Ngakan Darmawan yang mengatakan bahwa pengamanan TPS akan dikerahkan 2/3 dari kekuatan Polres

“ kekuatan Polres selain dikerahkan untuk pengamanan TPS juga disiagakan di Polres sehingga sewaktu-waktu ada kontijensi dapat segera dikerahkan,” ujar Iptu Ngakan.

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH saat menjelaskan strategi pengamanan ( Dok. Humas resST )

Kasat Lantas Polres Sumba Timur Iptu Bery Nathaniel, SH menyampaikan bahwa Satlantas akan terus berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Sumba Timur terkait pengawalan logistik Pilkada ke TPS dan Berkoordinasi dengan Tim Pemenangan terkait Pengawalan saat kampanye.

Penanganan Tindak Pidana melalui Sentra Gakkumdu disampaikan Kasat Reskrim Polres Sumba Timur Iptu Gamma Anindiyaguna, S.IK

“ tindak pidana yang terjadi dalam Pilkada memiliki jalur khusus, penanganannnya melalui Sentra Gakkumdu dimana Reskrim menempatkan tiga orang penyidik didalamnya,” jelas Iptu Gamma.

Dibagian lain, Kasat Intelkam Polres Sumba Timur Iptu Leonardus Leu mengatakan akan terus bekerja sama dengan Panwaslu terutama PPL di setiap Desa dan Kelurahan terutama terkait pergeseran logistik

“ Satintelkam juga akan berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk masalah jaringan telekomunikasi untuk daerah yang susah dijangkau sehingga sewaktu-waktu dapat dikerahkan kekuatan apabila terjadi kontijensi,” jelas Kasat Intel

Kegiatan TFG diakhiri dengan pengucapan slogan secara bersama-sama yaitu “TNI, Polri serta Pemda siap mengamankan Pilkada Serentak 2018 “.

(pc26)

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Wakil Bupati Sumba Timur Aperisiasi Kegiatan Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Karena Mengingatkan Untuk Selalu Menjaga Lingkungan

Tribratanewssumbatimur.com – Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST. MT dalam dalam kegiatan Apel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *