Peringatan Hari Jadi Polwan ke - 70 di Polres Sumba Timur

Peringatan Hari Jadi Polwan ke - 70 di Polres Sumba Timur

Tribratanewssumbatimur.com – Kepolisian Resor Sumba Timur menggelar upacara Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) ke - 70 dilapangan apel Polres Sumba Timur yang dipimpin oleh Wakapolres Sumba Timur Kompol Vitalis Sobak, Senin (3/9/18) pagi.

Mengusung tema "Polwan promoter siap menyukseskan agenda kamtibmas tahun 2018 dan 2019", Wakapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D yang menyampaikan tentang peranan Polisi Wanita dalam berbagai capaian kinerja serta prestasi selama ini, yang merupakan manifestasi dari pelayanan Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat kepada masyarakat.

“ Polisi Wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika 6 orang wanita tangguh dari Bukittinggi, Sumatra Barat, mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas Kepolisian kala itu,” kata Wakapolres Sumba Timur Kompol Vitalis Sobak saat membacakan amanat Kapolri.

“ Hingga saat ini, Polisi Wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7% dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79,72%), Pama Polri (12,18%), Pamen Polri (8,08%) dan Pati Polri (0,02%). Para Polwan ini telah dipercaya,” ungkapnya.

“ Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti Kapolres, Wakapolres, Kapolsek, serta Kasat di tingkat Polres. Presensi Polisi Wanita di Indonesia juga dihiasi dengan performa yang membanggakan seperti Pasukan Perdamaian PBB, Pada bidang olahraga, Polwan juga mampu menorehkan prestasi di cabang judo, terjun payung, angkat besi, taekwondo, serta keikutsertaan dalam Asian Games,” pungkasnya.

“ Polwan juga berkiprah dalam memecahkan rekor dunia pada pendakian puncak gunung Cartenzs di bulan September 2017, serta memecahkan rekor dunia pembentangan bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut bersama Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diinisiasi oleh Ibu Asuh Polwan Indonesia,” ujarnya.

“ Polri membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi para Polisi Wanita, untuk bersaing dan berkarya, memberikan kinerja terbaiknya, di semua level jabatan yang ada di institusi ini,” ujarnya.

“ sebagai bagian dari SDM Polri, Polwan juga diharapkan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut mensukseskan pengamanan agenda kamtibmas,” katanya.

Lanjutnya “kehadiran Polisi Wanita juga diharapkan dapat turut mengangkat citra polisi di masyarakat, sebagaimana karakter wanita yang penuh dengan kelembutan, ketegasan, dan kedamaian.

“ harapan kepada seluruh Polisi Wanita, untuk senantiasa mengasah diri dan meningkatkan motivasi serta keterampilannya. Saudari adalah srikandi-srikandi Bhayangkari terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini,” tutupnya.

*g26*