Polres Sumba Timur Tandai Pelaksaan Operasi Lilin Turangga 2017 Dengan Apel Gelar Pasukan

Tribratanewssumbatimur.com – Kepolisian Republik Indonesia akan menggelar operasi Operasi Lilin 2017, yang dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 januari 2018. Operasi lilin ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Polres Sumba Timur, Kamis (21/12/17) pagi menandai pelaksaan Operasi Lilin Turangga 2017 dengan melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan upacara Polres sumba Timur yang dipimpin lansung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres menyatakan bahwa apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan Polri dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

“ perkembangan  dunia global yang ada saat ini, masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat, konflik berkepanjangan di sebagian negara juga masih terjadi disertai trend perlambatan ekonomi yang melanda dunia internasional. Langsung maupun tidak langsung, berbagai kejadian tersebut akan berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam negeri,” kata Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.

“ aksi teror masih terjadi seperti halnya kejadian di terminal Kampung Melayu. Meskipun beberapa aksi teror dapat digagalkan dengan baik oleh aparat beserta elemen terkait lainnya, namun ancaman ini dipercaya masih akan terus berlangsung, “ terang Kapolres.

Penyamatan pita tanda operasi ( pc26 / TBNST )

Lanjutnya “ dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terkahir, juga menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, baik inter maupun antar agama. Menjadi lebih kompleks, karena kejadian tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik yang terjadi sebagai akibat dari pelaksanaan pilkada serentak 2017.

“ hal tersebut, menjadi tantangan tugas bagi polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal 2017 dan perayaan pergantian tahun 2018.

“ perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia.  karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu. Untuk itu, Polri menggelar Operasi Lilin 2017 dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” jelas Kapolres.

“ secara keseluruhan, Polri mengerahkan 85.744 personel Polri, dibantu 15.096 personel TNI serta 55.130 personel gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Jasa Raharja. Para personel akan ditempatkan pada 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan guna memberikan pengamanan kamtibmas dan kamseltibcar lantas,” urai Kapolres.

Dalam amanat tersebut Kapolri berharap, pelaksanaan operasi lilin 2017 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan. oleh karenanya, seluruh personel pengamanan agar bekerja dengan sungguh – sungguh dalam memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat.

Ada beberapa point penting yang di sampaikan Kapolri kepada seluh anggota Polri yang melaksanakan operasi lilin 2017 yakni tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan, siapkan serta pelihara kondisi fisik dan mental, persiapkan dengan baik  seluruh  peralatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan operasi, laksanakan tugas dengan penuh rasa ketulusan dan keikhlasan, tampilan sikap yang humanis dan   simpatik, serta hindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan, lakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi kepolisian serta stakeholders, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, perkuat kerjasama yang sinergis dan harmonis.

Diakhir amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH, Kapolri mengucapkan “ Selamat Hari Natal 2017 bagi yang merayakan, dan selamat Tahun Baru 2018, semoga di tahun baru kita semua dapat berkarya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, selamat bertugas dan semoga sukses ”. (pc26)

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Letkol (Inf) Zaenuddin, SE : ” Mari kita jaga image warga NTT sebagai Nusa Toleransi Terindah”

Tribratanewssumbatimur.com – Mari kita jaga image warga NTT sebagai Nusa Toleransi Terindah. Penggalan kalimat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *