Siap Amankan Perayaan Paskah 2018, Polres Sumba Timur Gelar Operasi Semana Santa Turangga 2018

Tribratanewssumbatimur.com Polres Sumba Timur, Selasa (20/3/2018) pagi, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2018 Polres Sumba Timur  dalam rangka Pengamanan Hari Raya Paskah Tahun 2018.

Dipimpin langsung oleh Waka Polres Sumba Timur Kompol Vitalis Nggoang H. Sobak selaku inspektur upacara, kegiatan apel gelar pasukan dihadiri oleh Subden POM, Pos AL, Brimob, Perhubungan, Sat. Pol PP, pejabat utama Polres Sumba Timur dan anggota Polres Sumba Timur.

Dalam Kapolres Sumba Timur yang dibacakan oleh Wakapolres, menyampaikan bahwa upacara kesiapan gelar pasukan ini dalam rangka pengamanan kegiatan perayaan Paskah dengan berbagai aktivitas masyarakat sebelum dan sesudah peryaan tersebut.

“ pelaksanaa operasi Semana Santa Turangga 2018 diwilayah Polres Sumba Timur akan dilaksanakan kurang lebih 15 hari dengan sasaran untuk melayani rankaian kegiatan prosesi perayaan Paskah agar dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar,” kata Wakapolres.

“ budaya dan tradisi bangsa Indonesia terutama dalam rangka hari raya keagamaan, cenderung untuk merayakan bersama keluarga yang berjauhan sehingga dapat meningkatnya mobilitas masyarakat dalam aktivitas,” jelas Wakapolres.

Wakapolres juga merincikan pengaman sesuai sasaran antara lain masyarakat merasa aman dalam rangka menjalankan ibadahnya, keamanan ketertiban dan kelancaran laulintas terutama pada lokasi Gereja dan pusat keramaian, kriminalitas seperti pencurian, pemerasan, perampokan, main hakim sendiri, teror bom dan sebagainya, terjaminnya distribusi sembako dan BBM serta aspek pelayanan dan kenyamanan masyarakat dalam pelaksanaan aktivitas

Wakapolres juga menjelaskan bahwa dalam rangka operasi Semana Santa Turangga 2018 diperkiraan permasalahan yang dihadapi akan semakin komplek dan diperlukan pemecahan secara bersama yang dimana merupakan penjabaran kebijakan Polri.

“ perayaan Paskah tahun ini sangat berpengaruh terhadap situasi keamanan. Ada kecenderungan setiap permasalahan dipolitisir oleh kelompok tertentu maka perlu koordinasi dan petukaran informasi sebaik-baiknya antara Polri dan TNI serta antar Polri dan berbagai elemen,” ungkap Wakapolres.

“ operasi Samana Santa Turangga 2018 dilakukan tidak kalah pentingnya adalah mewujudkan kerjasama dan koordinasi yang sebaik-baiknya diantara sesama petugas di lapangan,” imbuh Wakapolres.

Diakhir amanat Wakapolres menyampaikan Hal-hal yang menjadi perhatian untuk dipedomani oleh personil yang terlibat dalam operasi.

“ tunjukan dan berikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan perayaan Paskah, hindari sikap-sikap arogan dan jangan lakukan tindakan atau perbuatan tidak terpuji yang dapat mencoreng harkat dan martabat pribadi kesatuan dan korps, tanamkan kesadaran bahwa operasi yang silaksanakan merupakan salah satu bentuk pengabdian kita kepada masyarakat, pertahankan dan tingkatkan terus kesiap siagaan serta jaga kesinambungan dan jalin terus keterpaduan dengan mitra instansi,” kata Wakapolres.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi anti hoax gabungan TNI, Polri, Sat.Pol PP dan Dishub.

(pc26)

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Wakil Bupati Sumba Timur Aperisiasi Kegiatan Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Karena Mengingatkan Untuk Selalu Menjaga Lingkungan

Tribratanewssumbatimur.com – Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST. MT dalam dalam kegiatan Apel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *