Simulasi Penanganan Demo Pilgub 2018 Polres Sumba Timur

Simulasi Penanganan Demo Pilgub 2018 Polres Sumba Timur

Tribratanewssumbatimur.com – Kabut asap menggempul di seputaran kantor KPUD Kab. Sumba Timur, massa mengamuk membakar kantor KPUD Kab. Sumba Timur yang di jaga ketat oleh gabungan aparat Polres Sumba Timur dan Brimob Den A Sumba. Massa semakin brutal ketika mengetahui Ketua KPUD Kab. Sumba Timur dan staf tidak mau menemui para pendemo yang menuntut pencoblosan ulang Pilkada Kab. Sumba Timur yang diduga penuh dengan kecurangan.

Ketika kondisi semakin panas, mereka malah mendorong dan melempar Aparat Kepolisian yang menggunakan tameng. Gas Air Mata dan Water Canon ditembakan ke arah para  pendemo, Tim Raimas menusuk ketengah-tengah para pendemo menangkap dan mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai provokator

Namun kejadian tersebut merupakan skenario dari simulasi Sispam Kota latihan Pra Ops Mantap Praja Turangga 2018 dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Juni 2018 mendatang. Kegiatan tersebut dilasanakan di lapangan Karinding Polres Sumba Timur Jumat (9/2/18) pagi.

Kabag Ops Polres Sumba Timur Kompol Abdulah Paoh mengatakan Pelatihan ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyamakan persepsi latihan bagi Anggota Polri (Polres Sumba Timur dan jajarannya), dan Satuan Brimob dalam bertindak dilapangan (Penetapan Calon, Kampanye, Pencoblosan, Rekapitulasi dan Penetapan Pemenang Pilkada).

Ia berharap situasi dan kondisi Kabupaten SumbaTimur aman dan terkendali selama proses Pilkada berlansung.  “ semoga masyarakat Sumba Timur menghargai proses Pilkada dan menjaga kententraman di lingkungannya masing-masing,” tuturnya.

(pc26)