Hadapi gangguan kamtibmas yang terjadi akibat musim kemarau, Polsek Matawai laksanakan patroli dialogis

Hadapi gangguan kamtibmas yang terjadi akibat musim kemarau, Polsek Matawai laksanakan patroli dialogis

Tribratanewssumbatimur.com Musim kemarau panjang mengakibatkan dampak kekeringan kian terasa di wilayah yang kondisi sumber airnya sulit. Salah satu dampak dari musim kemarau adalah perekonomian menurun, kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan pertanian sawah dan ladang berpangaruh pada menurunnya produksi hasil tani terjadinya puso dan gagal panen sehingga berpengaruh pada berkurangnya pendapatan para petani dan buruh tani.

Hal tersebut memicu terjadinya konflik sosial dan gangguan kamtibmas ditengah masyarakat, salah satu gannguan kamtibmas yang terjadi yakni pencurian ternak. Menghadapi stiuasi yang terjadi ditengah masyarakat saat menghadapi musim kemarau Polres Sumba Timur menggelar berbagai upaya dan terobosan kreatif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Jumat, (28/9/17) siang, Polsek Matawai Lapawu melalui program door to door sistem menggelar patroli dialogis di wilayah dusun Pakajujangang, desa Praibakul sambil menyampaikan himbauan kamtibmas terkait dampak musim kemarau. Dalam kegiatan tersebut anggota Polsek Matawai Lapawu berdialog dengan masyarakat tentang masalah siskamling yang terjadi dilingkungannya.

Pada kesempatan tersebut anggota Polsek juga mengajak warga agar tidak membakar hutan dan ladang, karena sangat merugikan apalagi disaat musim kemarau yang sangat sulit mendapatkan sumber air. (pc26)