Hadir Sebagai Keluarga , AKBP E. Jacky Yakin, Masyarakat Dukung Polres Sumba Timur Jaga Kamtibmas

Hadir Sebagai Keluarga , AKBP E. Jacky Yakin, Masyarakat Dukung Polres Sumba Timur Jaga Kamtibmas
Kapolres Sumba Timur AKBP Jacky, saat "Minggu Kasih" di GKS Jemaat Kondamara Cabang Watu Lindi Mannang, Desa Matawai Pawali, Lewa. Dok Humas Res ST

Tribratanewsst.com_ Hadir sebagai keluarga ditengah masyarakat, Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi, lakukan "Minggu Kasih" di GKS Jemaat Kondamara Cabang Watu Lindi Mannang, Desa Matawai Pawali, Lewa, Sumba Timur, pada minggu 13 Oktober 2024.

Pada momen Minggu Kasih, Kapolres E. Jacky mengungkapkan harapannya agar masyarakat, khususnya di Jemaat Watu Lindi Mannang, dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Sumba Timur.

Kapolres menekankan pentingnya kolaborasi antara Polri dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meminimalisir gangguan kamtibmas, terutama kasus-kasus yang sering menjadi sorotan, seperti pencurian dan penganiayaan.

Melalui kegiaatan "Minggu Kasih" dan dengan pendekatan yang lebih humanis, Kapolres berusaha menghilangkan stigma bahwa Polri adalah pihak yang harus ditakuti.

“Keberadaan Polri di tengah masyarakat bukanlah hanya saat ada masalah. Kami ingin mengubah pandangan itu. Kami hadir untuk menghilangkan semua ancaman terhadap kamtibmas.” Ujar AKBP E. Jacky.

Kapolres juga menjelaskan bahwa kehadirannya dalam kegiatan ini tidak hanya sebagai seorang polisi, tetapi juga sebagai bagian dari keluarga ditengah masyarakat. 

“Kami hadir bukan hanya sebagai Polisi, tetapi juga sebagai keluarga. Kehadiran kami di sini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab kami terhadap masyarakat,” Lanjut Kapolres.

Dengan adanya dukungan dari masyarakat sebagai bagian dari keluarga besar Polres Sumba Timur, AKBP E. Jacky yakin bahwa situasi keamanan di Sumba Timur dapat lebih terjaga.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Matawai Pawali, Ince Rambu Yaku, mewakili Ketua BPMJ GKS Jemaat Kondamara, menyampaikan rasa terima kasih atas Kegiatan Minggu Kasih ini. 

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak Kapolres di tengah-tengah kami. Kehadiran di tempat ini sebagai keluarga di bulan keluarga ini bukan suatu kebetulan, tetapi semua karena rencana Tuhan,” ujar Rambu Yaku dengan penuh rasa syukur.

Ia juga menegaskan komitmennya bersama masyarakat untuk mendukung Polres Sumba Timur dalam menjaga kamtibmas. 

“Kami akan terus mendukung upaya Polres Sumba Timur sebagai bagian dari keluarga kami. Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan damai,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat, serta membangun kepercayaan yang lebih besar. 

Dengan semangat kekeluargaan, Kapolres E. Jacky T. Umbu Kaledi optimis bahwa Sumba Timur akan menjadi daerah yang lebih aman dan damai. _052