Patroli Cipta Kondisi TNI-Polri, Wujudkan Pilkada Aman Dan Damai Di Sumba Timur

Patroli Cipta Kondisi TNI-Polri, Wujudkan Pilkada Aman Dan Damai Di Sumba Timur
Tim patroli cipta kondisi TNI Polri saat berada di kantor KPUD Sumba Timur. Jumat 18/10/2024. Dok. Humas Res ST.

Tribratanewsst.com_ Dalam rangka memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sumba Timur berjalan dengan aman dan damai, TNI - Polri lakukan kegiatan patroli cipta kondisi. 

Patroli ini dilakukan di berbagai titik strategis di wilayah Kota Waingapu, pada Jumat 18 Oktober 2024 (malam), dengan melibatkan personel dari Kodim 1601/Sumba Timur dan Polres Sumba Timur.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya proaktif TNI dan Polri untuk mencegah terjadinya potensi konflik dan gangguan keamanan menjelang Pilkada. 

Dalam patroli ini, salah satu fokus utama, di mana anggota TNI dan Polri memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keamanan serta ketertiban selama masa kampanye dan tahapan Pilkada serentak 2024.

Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi, menyampaikan bahwa Patroli bersama TNI Polri ini adalah sebagai langkah pencegahan terjadinya potensi konflik.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan situasi yang kondusif. Sinergi antara TNI dan Polri adalah kunci dalam menjaga stabilitas keamanan. Patroli ini adalah langkah nyata untuk mencegah potensi konflik, serta mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya berpartisipasi dalam demokrasi dengan aman dan damai.” Ujar AKBP E. Jacky. 

Dilanjutkan AKBP E. Jacky bahwa diharapkan masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga kamtibmas, karena Keamanan bukan hanya tugas aparat TNI Polri, tetapi juga tanggung jawab semua pihak.

Dalam kegiatan Patroli, TNI-Polri juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, meskipun dalam proses politik yang melibatkan perbedaan pilihan. 

Masyarakat juga diminta untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. 

Patroli ini akan dilanjutkan secara berkala selama pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024. 

Dalam setiap kegiatan, TNI-Polri akan selalu mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, guna menciptakan kepercayaan di kalangan masyarakat.

Dengan berbagai langkah ini, diharapkan Pilkada di Kabupaten Sumba Timur dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan damai.

Semua pihak juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif, sehingga proses demokrasi dapat berjalan sesuai harapan masyarakat. _052