Terkait Isu Islamisasi Yang Beredar di Medsos, Polres Sumba Timur Sambangi Ketua MUI

Terkait Isu Islamisasi Yang Beredar di Medsos, Polres Sumba Timur Sambangi Ketua MUI

TribrataNewsSumbaTimur.com - Menyikapi isu intolerasi yang berkembang di Media Sosial tentang keberadaan Pejuang Subuh Sumba yang dinilai sebagai organisasi yang bertujuan akan mengIslamkan Sumba, Polres Sumba Timur melaksanakan penggalangan kepada para tokoh agama di Kabupaten Sumba Timur.

Selasa, (6/7/2021), Satintelkam Polres Sumba Timur menyambangi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Sumba Timur, H. Muhammad Zein Bunga. Dalam pertemuan tersebut Kasat Intelkam Polres Sumba Timur Ipda Suparjo, mengajak MUI Sumba Timur untuk selalu menjaga toleransi antar umat beragama serta tidak terprovokasi dengan isu-isu yang bertujuan memecah belah persuadaraan.

"Kami berharap MUI Sumba Timur selalu memberikan pengawasan terkait keberadaan dan kegiatan organisasi Islam di Sumba Timur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Ipda Suparjo.

"Harapan kami juga apabila ada hal-hal yang berpotensi mengganggu Sitkamtibmas kepada pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Sumba Timur," ucapnya.

Menyikapi penyampain dari Kasat Intelkam Polres Sumba Timur, H. Muhammad Zein Bunga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Polres serta berharap komunikasi ini terus berjalan.

"Komunikasi seperti inilah yang kami harapkan, Saya pribadi memperoleh informasi dari Media Sosial terkait keberadaan dan kegiatan Kelompok atau Organisasi Pejuang Subuh Sumba," ujarnya.

Untuk Sumba Timur sendiri, Lanjutnya, tidak ada terkonfirmasi kelompok atau organisasi bernama Pejuang Subuh Sumba. Umat muslim di Sumba Timur tidak ada yang masuk dalam Kelompok tersebut.

"Pantauan kami MUI Sumba Timur, tidak ada kelompok atau organisasi yang dibentuk bertujuan untuk Islamisasi dan kalau memang ada indikasi adanya organisasi tersebut, pihak MUI akan mengadakan rapat dan segera menginformasikan kepada pihak keamanan dan Instansi terkait," tegasnya.

"Hubungan antar umat beragama di Kabupaten Sumba Timur sampai saat ini sangat baik, saya berharap agar kita semua dapat menjaga kerukunan yang sudah terjalin selama ini," ucapnya.

Terkait dengan meningkatnya angka sebaran Covid-19 di Sumba Timur, H. Zein menyampaikan, menjelang perayaan Idul Adha, MUI Kab. Sumba Timur akan melaksanakan rapat, dan segera menginformasikan kepada pihak keamanan Polres Sumba Timur.

"MUI Sumba Timur selalu mendukung kebijakan Pemerintah dari pusat sampai kabupaten dalam menanggulangi penyebaran Covid-19," kata H. Zein.

 

*g26*