Silahturahmi Dengan Tokoh Agama, Kapolda dan Danrem Ajak Tokoh Agama Bersinergi Cegah Covid 19

Silahturahmi Dengan Tokoh Agama, Kapolda dan Danrem Ajak Tokoh Agama Bersinergi Cegah Covid 19

Tribratanewsumbatimur.com - Dalam kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Sumba Timur, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum bersama rombongan menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan para tokoh agama di kantor GKS Sinode Kabupaten Sumba Timur, Rabu (28/7/2021).

Tiba dikantor Sinode Kapolda NTT yang didampingi Danrem 161/WS Kupang Brigjen TNI Legowo W.R Sujatmiko, SIP., M.M, Danlanud El Tari Kupang Brigjen TNI Umar Fathurrrohman, S.IP., M.Si., M.Tr.(Han) dan Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus Nugroho, S.Sos., M.Tr, ini disambut hangat Ketua Umum Sinode Pdt. Alfred Samani,S.Th didampingi Ketua MUI Kabupaten Sumba Timur H. Muhammad Zein Bunga dan para tokoh agama dengan pengalungan kain adat Sumba.

Disela-sela kegiatan ini, Kapolda NTT menyampaikan bahwa kunjungan ke Kabupaten Sumba Timur ini dalam rangka kesiapsiagaan TNI-Polri dan instansi terkait kegiatan PPKM level IV di Kabupaten Sumba Timur.

“Terima kasih atas sambutannya, kedatangan kami ke wilayah Sumba Timur ini untuk bersama-sama para tokoh agama bersinergi dalam pencegahan covid 19," ujar Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua di jajaran Polda NTT ini juga meminta para tokoh agama untuk menyampaikan kepada masing-masing umat dengan bahaya covid 19 apalagi saat ini wilayah Kabupaten Sumba Timur masuk dalam PPKM level IV.

Sementara itu dari Ketua Umum Sinode Sumba Timur Pdt. Alfred Samani, S.Th berterima kasih atas kunjungan Kapolda NTT bersama rombongan di Kabupaten Sumba Timur.

Disampaikannya bahwa Tokoh agama yang terbentuk di Sumba Timur saling bersinergi dan mengedepankan kekeluargaan.

“Terkait covid kami dari pihak tokoh agama telah menyampaikan kepada seluruh umat baik Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Budha dan lainnya terkait dengan pencegahan covid-19. Pelaksanaan kegiatan ibadah kami dari pihak gereja telah menghentikan sementara kegiatan ibadah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah karena meningkatnya kasus Covid di Kabupaten Sumba Timur”ujar Ketua Umum Sinode Pdt. Alfred Samani.

Sementara itu Ketua MUI Sumba Timur Hj. Muhammad Zein Bunga juga mengatakan bahwa terkait kegiatan ibadah masih terkendala dengan kegiatan sholat yang mana tidak bisa dilaksanakan secara virtual sehingga butuh kebijakan dari Pemerintah terkait dengan hal tersebut dan tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid.

Menanggapi hal tersebut Kapolda NTT mengatakan akan melayani komunikasi via Wa bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pihak Kepolisian.

“Tetap pertahankan sinergitas antar umat beragama di Kabupaten Sumba Timur dan jangan terpengaruh dengan isu sara yang dapat memecah belah tali persaudaraan antar umat beragama. Patuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kurangi mobilitas serta jauhi kerumunan guna memutus rantai penyebaran covid 19”tandas Kapolda NTT.

Untuk diketahui kunjungan Kapolda ke Kabupaten Sumba Timur ini dihadiri juga oleh pejabat Polda NTT diantaranya Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli S.S.T.M., S.H., M.M, Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto., S.H. S.I.K., M.H, Dirsamapta Polda NTT, Kombes Pol. Sudarmin S.I.K., M.H dan Kabid TIK Polda NTT Kombes Pol. I Made Rasma Jemy Karang S.I.K., MSi.

 

*g26*