Berkali - kali Lolos, Spesialis Pelaku Curnak Berhasil Diamankan Tim Gabungan Polres Sumba Timur

Berkali - kali Lolos, Spesialis Pelaku Curnak Berhasil Diamankan Tim Gabungan Polres Sumba Timur

TribrataNewsSumbaTimur.com - Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya pernah jatuh juga. Pepatah itu cocok untuk seorang Pelaku Pencurian hewan ternak kerbau. R (40) Pria asal Praidjawa, Desa Praikarang, Kecamatan Nggaha Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur yang merupakan spesialis pencuri ternak, akhirnya berhasil diamankan Tim Gabungan Satreskrim dan Intelkam Polres Sumba Timur, Jumat (2/7/2021) malam.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K menjelaskan, Pelaku R (40) sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak tahun 2017. 

"Pelaku R, terlibat sejumlah kasus pencurian ternak dan yang dilaporkan ada 2 kasus yakni LP/22/IV/2017/NTT/Res ST/Sek Lewa tanggal 14 April 2017 dan LP/38/IV/2021/NTT/ResST tanggal 14 April 2021," jelas Kapolres.

"Ia merupakan gembong pencurian ternak yang sangat licin dan  sebelumnya 3 kali lolos dari pengerebekan petugas," jelas Kapolres.

Tim Gabungan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Iptu Salfredus Sutu, SH dan Kasat Intelkam Ipda Suparjo bersama Polsubsektor Nggoa sempat mendapat perlawan dari pelaku dan masyarakat sekitar.

"Saat diamankan R lari menuju rumahnya dan keluar melalui pintu depan serta melompat menuju arah petugas sambil menghunuskan parangnya sehingga Tim mengambil keputusan untuk melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki pelaku," kata Kapolres.

Lanjutnya, Tim mengambil keputusan tindakan tegas terukur dikarenakan R membahayakan petugas dengan melakukan penyerangan menggunakan sajam jenis parang saat hendak dilalukan penangkapan.

Saat Tim fokus mengamankan pelaku, pada saat itu terdengar lemparan batu di atas seng dari beberapa orang di belakang rumah, seketika masyarakat banyak berteriak memprovokasi untuk melakukan perlawanan sehingga Tim Gabungan langsung melakukan tembakan peringatan beberapa kali untuk menurunkan mental massa. 

"Setelah diamankan pelaku mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Nggoa dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Umbu Rara Meha dan setelah kondisinya membaik pelaku akan diamankan di Rutan Polres Sumba Timur," tutur Kapolres

 


*g26*