Cegah Bullying Di Lingkungan Sekolah, Bripka Dominggus: Mari Bijak Bermedia Sosial

Cegah Bullying Di Lingkungan Sekolah, Bripka Dominggus: Mari Bijak Bermedia Sosial

Tribratanewsst.com_ Guna menekan angka kekerasan dilingkungan sekolah, kegiatan sosialisasi anti kekerasan terhadap anak terus dilakukan oleh Kepolisian dan Dinas Pendidikan. 

Polsek Pinupahar terpanggil untuk jadi narasumber dalam mensosialisasikan anti perundungan atau bullying terhadap anak dilingkungan sekolah. 

Kegiatan yang dilakukan di Aula Sekolah Menengah Pertama Satap Kanjilumuru, Desa Wahang, Kec. Pinupahar. Kab Sumba Timur itu menghadirian beberapa narasumber.Sabtu 02/11/2023 pagi. 

Bripka Dominggus A. Molak jadi Narasumber dalam giat Sosialisasi yang bertemakan "Mencipatakan Lingkungan Sekolah Yang Bebas Dari Kekerasan Dan Perundungan".

Dalam materi sosialisasinya Bripka Dominggus Molak menyampaikan bahwa perundungan atau bullying sendiri merupakan tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. 

Dijelaskan Bripak Dominggus Bahwa dengan berkembangnya teknologi, perlakukan Bullying saat ini tidak dilakukan secara langsung tapi bisa juga dilakukan melalui sarana media sosial. 

"Dengan berkembangnya teknolagi saat ini tindakan bisa dilakukan melalui media sosial yang lebih dikenal dengan istilah Cyber bullying." Ungkap Bripka Dominggus.

Dilanjutkan Bripka Dominggus bahwa Cyber bullying Ini adalah bentuk bullying yang terbaru, pada intinya adalah korban terus menerus mendapatkan pesan negative dari pelaku bullying baik dari sms, pesan di internet dan media sosial lainnya. 

Bentuknya seperti, mengirim pesan yang menyakitkan atau menggunakan gambar, meninggalkan pesan voicemail yang kejam, menelepon terus menerus tanpa henti namun tidak mengatakan apa-apa (silent calls), membuat website yang memalukan bagi si korban. 

"Untuk itu kami selalu narasumber minta untuk kita selalu bijak dalam menggunakan media sosial sehingga tidak salah digunakan." Lanjut Bripka Dominggus. 

Tidak hanya menjelaskan apa itu bullying, Bripka yang menjabat Kanit Provos Polsek Pinupahar itu juga memberikan langkah-langkah mencegah Bullyng disekolah.

Dengan membangun budaya sekolah yang positif dan ekslusif, mendeteksi dan mengintervensi tindakan Bullyng sejak dini serta mengedukasi siswa terhadap dampak dan cara mengatasi Bullyng dengan meningkatkan ketrampilan sosial dan emosional siswa. _052