Wakapolda NTT Hadiri Sidang Raya PGI XVII

Wakapolda NTT Hadiri Sidang Raya PGI XVII

Tribratanewssumbatimur.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum menghadiri Sidang raya PGI Ke-XVII di bukit savana Puru Kambera, di Desa Hambapraing, Kecamatan, Kanatang, Jumat (8/11/2019) pagi.

Sidang raya itu dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna Hamonangan Laoly dengan memukul gong.

Berpakian adat Sumba Timur Menteri Yasonna saat sampai di lokasi sidang raya tersebut, dikalungi selempang dan diterima dengan sapaan adat dan juga kolaborasi tarian adat Sumba Timur dengan pekikan kakalak dan kayaka.

Selanjutnya dilakukan ibadah bersama yang dipimpin oleh Ketua Umum Sidone GKS, Pdt. Alfred Samani dan Pdt.Andreas Ndapa Tamu, sedangkan penabhisan sidang Raya PGI Ke-XVII langsung oleh ketum PGI, Pdt. Dr. Henriette Tabita Hutabarat-Lebang.

Prosesi ibadah ini juga diselingi dengan pertunjukan drama fragmen oleh para jemaat. Tarian kolosal Manandang Paori Sumba Timur yang dipertunjukan oleh 300 pelajar, dan tarian kataga asal Sumba Tengah yang dipertunjukan oleh 300 pelajar, parade kuda, juga ikut memeriahkan acara tersebut.

[caption id="attachment_9340" align="aligncenter" width="618"] Menkumham RI.Yasonna Hamonangan Laoly dengan memukul gong tanda dibukanya Sidang Raya PGI XVII (dok. Humas resST)[/caption]   Acara diakhiri dengan pemberian tali asih seekor Kuda Puti jantan dari GKS untuk Presiden Jokowi yang diterima oleh Menteri Yasonna.

Hadir dalam kegiatan pembukaan sidang raya itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery bersama anggota DPR RI, Ketua DPRD Propinsi NTT, Emi Nomleni, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali.

Hadir juga Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodi Mete, Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole, Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu, Wakil bupati Sigi Paulina, Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, pimpinan dan perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat, Ketum PGI Pdt. Dr. Henriette Tabita Hutabarat-Lebang, Sekum PGI Pdt. Gomar Gultom, S.Th, bersama para pendeta Pimpiman dari 90 Sinode dan 29 PGIW, Pimpinan Forkompimda, para pejabat dan Tamu undangan lainya, serta belasan ribu para jemaat dan umat beragama lain.

Kegiatan Sidang raya PGI Ke-XVII di jaga ketat oleh petugas gabungan Polres Sumba Timur, Brimob Sumba Timur, Tim Jibom Gegana Polda NTT, Sat Pol PP dan Linmas.

*g26*