Jalin Komunikasi Bersama Masyarakat, Polres Sumba Timur Buka Ruang “Jumat Curhat” Di Pelabuhan Waingapu

Jalin Komunikasi Bersama Masyarakat, Polres Sumba Timur Buka Ruang “Jumat Curhat” Di Pelabuhan Waingapu
Jumat curhat. Dok Humas Res ST.

Tribratanewsst.com_ Guna jalin komunikasi bersama masyarakat, Kapolres Sumba Timur, AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi, lakukan kegiatan "Jumat Curhat" di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Waingapu, Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur, pada Jumat 11 Oktober 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KSOP Waingapu, Fadli Afand Djafar, General Manager PT. Pelindo Cabang Waingapu, Anwar Siregar, serta anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur, Umar Rosidin. 

Turut hadir pula Lurah Hambala, Muhammad Amin Don, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Satpol PP Kabupaten Sumba Timur, Alfred Bertulumius Tawa, serta perwakilan dari Pos AL Waingapu, pegawai KSOP, pegawai PT. Pelindo, pekerja dari PT RBKI, dan masyarakat di seputaran Pelabuhan Nusantara Waingapu.

Kapolres E. Jacky menjelaskan bahwa kehadiran Polres Sumba Timur di pelabuhan bukanlah untuk menciptakan pemisah, melainkan untuk membangun satu forum komunikasi yang harmonis di mana semua pihak dapat memberikan informasi, masukan, dan saran demi kemajuan bersama.

AKBP E. Jacky menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan. 

“Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan bentuk kolaborasi. Di dalamnya tidak hanya polisi saja, tetapi juga melibatkan pihak-pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan,” ujarnya.

Pelabuhan sebagai salah satu nadi ekonomi daerah sehingga sangat penting untuk dikelola dengan baik. 

Dalam konteks ini, Kapolres menekankan bahwa pengelolaan pelabuhan yang baik akan berkontribusi pada kelancaran aktivitas perekonomian, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

“Pelabuhan harus ditata dengan baik agar dapat berfungsi secara optimal. Dengan demikian, kita dapat memastikan keamanan dan kenyamanan bagi semua pengguna layanan pelabuhan,” tambahnya.

Salah satu aspek menarik dari kegiatan ini adalah dibukanya ruang komunikasi dengan para pedagang yang beroperasi di sekitar Pelabuhan Nusantara Waingapu. 

Kegiatan “Jumat Curhat” juga memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, keluhan, dan saran mengenai situasi dan kondisi di area pelabuhan. 

Beberapa pedagang mengungkapkan harapan mereka agar dapat terus meningkatkan kerjasama dengan pihak berwenang demi kemajuan bersama.

Selain itu, kegiatan Jumat Curhat juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Kapolres E. Jacky mengajak masyarakat untuk tidak ragu melaporkan setiap kegiatan mencurigakan yang dapat mengganggu keamanan pelabuhan dan sekitarnya.

Bhakti Kesehatan

Sebagai aksi nyata kaloborasi dengan instansi terkait, Polres Sumba Timur juga menghadirkan Pihak medis dalam pelayanan “Bhakti Kesehatan” yang dilakukan bersama Tenaga Medis Puskesmas Waingapu dan Puskesmas Pambota Njara.

Pelayanan “Bhakti Kesehatan” dilakukan secara gratis meliputi, Screening penyakit tidak menular diantaranya pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat, pemeriksaan kolestrol dan pemeriksaan HB dan juga dilakukan Scereening Penyakit Menular oleh Petugas Medis. _052