Kapolres Gelar Apel Bhabinkamtibmas

Kapolres Gelar Apel Bhabinkamtibmas

Tribratanewssumbatimur.com –Di era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini,  kepekaan masyarakat sangat tinggi terhadap media informasi sehingga masyarakat dengan mudah menyalurkan pendapatnya melalui berbagai media informasi yang tersedia seperti SMS, Facebook, BBM, Twitter, Whatsapp, Line, Istagram, Youtube dan lain-lain.

Dengan adanya media-media online tersebut tindak kejahatan juga semakin meningkat, para pengguna sering menyalahgunakan media-media tersebut untuk melakukan berbagai aksi kejahatan. Menanggapi fenomena yang berkembang tersebut Polri dalam hal ini Polres Sumba Timur mengedepankan fungsi Binmas yaitu Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak untuk meredam berbagai opini negatif yang berkembang dikalangan masyarakat melalui berbagai kegiatan seperti Sambang, Tatap Muka secara professional, proporsional dan akuntabel.

Petugas Bhabinkamtibmas juga perlu dibekali dengan dengan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas. Bertempat di lapangan apel Polres Sumba Timur Kamis (21/1/16) Kapolres Sumba Timur AKBP Alfis Suhaili, S.IK, M.Si di dampingi oleh Kasat Binmas IPTU I Ketut Landra Budiana menberikan arahan kepada para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sumba Timur tentang tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas yang harus di perhatikan dan dipedomani.

Ada beberapa penekanan yang disampaikan oleh Kapolres kepada petugas Bhabinkamtibmas yaitu :

  • Petugas Bhabinkamtibmas harus menguasai wilayah hukumnya
  • Petugas Bhabinkamtibmas harus memperhatikan kelengkapan perorangan ketika bertugas dilapangan
  • Petugas Bhabinkamtibmas selalu mencatat setiap kegiatan di buku mutasi Bhabinkamtibmas
  • Petugas Bhabinkamtibmas selalu mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilaksanakan
  • Perbanyak kegiatan sambang dan tatap muka ke masyarakat
  • Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait maupun aparat pemerintah yang ada
  • Petugas Bhabinkamtibmas selalu membuat setiap laporan hasil penugasan setiap selesai melaksanakan kegiatan.

14

Penekanan tersebut disampaikan Kapolres ke Petugas Bhabinkamtibmas supaya para petugas lebih memahami tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas serta berpedomani dengan Standar Operasional Prosedur yang ada ketika bertugas di lapangan. (*abaden26)