Kapolres Sumba Timur Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI Ke 79.

Kapolres Sumba Timur Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI Ke 79.

Tribratanewsst.com_ Bertempat di Lapangan Pahlawan Sumba Timur, Kota Waingapu dilaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 dengan mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju." pada sabtu 17 Agustus 2024 pagi. 

Upacara dipimpin oleh Bupati Sumba Timur Drs. KHRISTOFEL PRAING, M.Si., sebagai Inspektur Upacara, dengan Pasiter Kodim 1601 Sumba Timur Kapten Inf. Samsiadi sebagai Perwira Upacara dan Lettu Laut (P) Rahmad Hadi Mulyono sebagai Komandan Upacara.

Hadiri dalam Upacara tersebut Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi, S.H., S.I.K., M.M., Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Arh. Doman Endo Pramono, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur Ali Oemar Fadaq, Ketua Pengadilan Agama Waingapu Moh. Bahrul Ulum, S.H. dan Ketua Pengadilan Negeri Waingapu Catur Bayu Sulistiyo, S.H.

Dalam amanatnya, Bupati Sumba Timur menekankan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan ini adalah bentuk rasa syukur atas karunia kemerdekaan yang memungkinkan bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita luhur. 

Bupati juga menyoroti perjalanan 79 tahun kehidupan berbangsa dan bernegara, yang penuh dengan keberhasilan dan kegagalan, sebagai proses yang memperkuat bangsa.

Tema peringatan tahun ini, "Nusantara Baru Indonesia Maju," mencerminkan kesiapan Indonesia menghadapi momen-momen penting, seperti perpindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara dan pergeseran kepemimpinan nasional, sambil mengejar visi Indonesia Emas 2045. 

Tema ini menegaskan eksistensi Indonesia sebagai negara demokratis yang menonjol di panggung global, dengan Ibu Kota Nusantara sebagai proyek monumental untuk mencapai status negara maju sesuai dengan visi tersebut. _052