Menteri PPPA RI Dialog Bersama Kapolres, Kejaksaan Dan Dinas P3AP2KB SeSumba

Menteri PPPA RI Dialog Bersama Kapolres, Kejaksaan Dan Dinas P3AP2KB SeSumba
Menteri PPPA RI Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si., foto bersama Kapolres Sumba Timur dan Kapolres Sumba Barat.

Tribratanewsst _ Dalam kunjungan kerjannya selain sehubungan Perayaan Hari Anak Nasional di Kabupaten Sumba Timur Menteri PPPA RI Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si., juga mengadakan dialog bersama aparat penegak hukum sedataran sumba. 

Dialog yang bertempat di Hotel Kambaniru Beach , Kelurahan Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur itu dihadiri oleh Kapolres Sumba Timur, Kapolres Sumba Barat, Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Sumba Timur, Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sumba Tengah dan Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sumba Barat. Kamis 04/08/22.

Moderator acara dialog menyapaikan bahwa dialog ini akan membahas kasus kawin tangkap yang terjadi di Sumba dan banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan yang berkedok budaya. 

Dalam paparannya Kapolres Sumba Timur AKBP Fajar Widhyadarma L. S.,S.I.K., menyampaikan bahwa tidak ada kasus kawin tangkap yang terjadi di Sumba Timur sedangkan Kasus kekerasan terhadap anak  masih mendominasi.

"Terkait dengan penanganan kasus kawin tangkap tidak ada di Kabupaten Sumba Timur, sedangkan secara garis besar penanganan kasus yang melibatkan anak masih mendominasi. " Kata Kapolres Sumba Timur. 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K, M.H, yang juga hadir dalam acara dialog itu membenarkan bahwa kasus kawin tangkap yang sempat viral di media sosial itu terjadi di wilayahnya. 

"Benar ada kasus kawin tangkap yang terjadi diperbatasan kabupaten Sumba Tengah, Kasus tersebut sudah ditangani oleh Sat. Reskrim Polres Sumba Barat dan telah dilakukan pemeriksaan terhadap 6 orang saksi." Ucap Kapolres Sumba Barat. 

Menteri PPPA RI Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si. dalam tanggapannya menyampaikan bahwa Kasus kawin tangkap yang berkedok budaya harus diproses dan dikawal sehingga sehingga ada efek jera dan apabila sudah di proses maka akan menjadi bahan acuan untuk sosialisasi bagi mayarakat.

"Berkaitan dengan penanganan kasus di wilayah sumba barat semoga menimbulkan efek jera, Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolri terkait keterbatasan unit PPA sehiggga akan ada peningkatkan struktrul unit PPA. Minimnya juga penyidik polwan maka ini menjadi prioritas untuk merekrut polwan. " Ucap Menteri PPPA RI.   052