Patroli Dialogis, Satuan Samapta Polres Sumba Timur Pantau Dampak El Nino Bagi Petani.

Patroli Dialogis, Satuan Samapta Polres Sumba Timur Pantau Dampak El Nino Bagi Petani.

Tribratanewsst.com_ Dalam rangka memantau dampak El Nino, Satuan Samapta Polres Sumba Timur laksanakan Patroli Dialogis ke daerah Pertanian Kelurahan Maulumbi Kecamatan Kambera, Sumba Timur. Kamis 14/9/2023 Pagi.

Kegiatan Patroli dilakukan guna mendengar dan melihat langsung apa yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Bendungan Lambanapu yang mengairi sawah serta lahan pertanian warga kini sedang dalam proses pengerjaan rehab selokan irigasi setelah hancur di landa Badai Seroja yang terjadi tahun 2021 lalu.

Tempat yang dulu menjadi daerah persawahan serta daerah pertanian kini menjadi lahan kering serta kekurangan cadangan air.

Bendungan Lambanapu yang pengerjaannya baru akan selesai pada bulan Desember 2023 dan bisa beroperasi pada Tahun 2024 mendatang membawa dampak kekeringan bagi warga petani khususnya petani sayur yang membutuhkan air.

Kanit Turjawali Satuan Samapta Polres Sumba Timur Aipda Petrus T. Bringom S.H. dalam kegiatan Patroli saat berada di Kelompok Tani Tunas Baru, Kampung Marada Pau guna mengajak masyarakat berdiskusi mencari solusi.

Kekurangan air dan hama yang menyarang Tanaman Sayur milik petani menjadi keluhan warga yang kemudian didiskusikan bersama Aipda Petrus dan anggotanya.

Orpi Tawurumai salah satu anggota kelompok Tani Tunas Harapan mengeluhkan dampak akibat dari El nino

"Debit air kurang serta panas yang membuat tanaman sayur kurang subur sehingga hasil panen yang kurang" ucap Orpi

Lebih lanjut Orpi mengatakan kurangnya Obat semprot hama serta pupuk menyebabkan hasil panen kurang.

"Kami juga kesulitan mendapatkan obat untuk menyemprot hama karena harganya mahal" tandas Orpi.

Pada kesempatan tersebut Kanit Turjawali menghimbau kepada warga petani sayur untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah setempat dan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian untuk segera mencari solusi serta mendapatkan bantuan dalam menghadapi musim kemarau yang panjang.

Di akhir kegiatan Kanit Turjawali menitip pesan untuk bersama- sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024.