Sejumlah Personel Polres Sumba Timur Amankan Ibadah Misa Rabu Abu Gereja Katholik Sang Penebus Wara

Sejumlah Personel Polres Sumba Timur Amankan Ibadah Misa Rabu Abu Gereja Katholik Sang Penebus Wara

Tribratanewssumbatimur.com – Sesuai Kalender Liturgi bahwa Umat Katholik di seluruh dunia memasuki masa Prapaskah sebelum masuk pada Perayaan Paskah. Prapaskah adalah masa yang mendahului hari raya Paskah dalam agama Kristen. Masa ini mencakup 40 hari mulai hari Rabu Abu sampai hari Minggu Palma, dengan berbagai liturgi yang diakhiri sampai Kamis Putih, menjelang peringatan 3 peristiwa amat penting yaitu Kematian Yesus Kristus pada hari  Jumat Agung, yang dilanjutkan dengan penguburannya dan masa tinggalnya di dalam kubur, serta kebangkitan-Nya dari kematian pada hari Minggu Paskah.

Rabu, (14/2/17) sore, Gereja Katholik di seluruh dunia melangsungkan Misa Rabu Abu sebagai hari untuk mengingat kefanaan seseorang. Pada hari ini umat Katolik berusia 18–59 tahun diwajibkan berpuasa, dengan batasan makan kenyang paling banyak satu kali, dan berpantang.

[caption id="attachment_7244" align="aligncenter" width="932"] Anggota Polres berjaga di sejumlah pintu masuk Gereja ( Dok. Humas ResST ) [/caption]

Gereja Katholik Sang Penebus Wara Waingapu merupakan salah satu Gereja Katholik di Kabupaten Sumba Timur yang menggelar ibadah Rabu Abu. Untuk mengamankan kelangsungan ibadah tersebut Polres Sumba Timur dan Kodim 1601 Sumba Timur saling bahu membahu mengamankan sekaligus mengikuti ibadah misa di mulai pukul 17.00 Wita di Gereja Katholik Sang Penebus Wara Waingapu.

Sejumlah aparat dari TNI dan Polri terlihat di beberapa titik pintu masuk gereja dan ruangan di dalam gereja dengan mengunakan pakaian dinas lengkap. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada jemaat yang sedang melaksanakan ibadah misa Rabu Abu.

(pc26)