Mulai Hari Ini Polres Sumba Timur Laksanakan Operasi Semana Santa Turangga 2019

Tribratanewssumbatimur.com – Terhitung mulai tanggal 11 April 2019, Polres Sumba Timur melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan  dengan sandi “ Operasi Semana Santa Turangga – 2019 ”  di wilayah Polres Sumba Timur selama kurang lebih 15 hari, dengan sasaran untuk melayani rangkaian kegiatan dan prosesi perayaan hari raya paskah, agar dapat  berjalan dengan aman,tertib dan lancar sesuai harapan kita bersama.

“upacara kesiapan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan kegiatan hari raya keagamaan, hari raya paskah dengan berbagai aktivitas masyarakat yang terkait dengan kegiatan tersebut,” kata Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. Silalahi, SH, MH saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Semana Santa Turangga 2019, Kamis (11/4/2019) pagi.

Dalam apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Sumba Timur tersebut, Kapolres menyampaikan sebagai aktualisasi dari salah satu ciri budaya dan tradisi bangsa indonesia terutama dalam rangka hari raya keagamaan, disamping ibadah agama, adanya kecendrungan untuk merayakan bersama keluarganya di kampung halaman.

“ diperkirakan mobilitas masyarakat akan meningkat, saling berkunjung, aktivitas dipusat perbelanjaan, Gereja dan kegiatan lainnya. situasi ini merupakan potensi gangguan yang harus disikapi dan diantisipasi oleh jajaran Polri, khususnya Polres Sumba Timur dan jajarannya,” kata Kapolres.

“ kita prediksi bahwa perayaan hari raya paskah tahun ini, akan meningkatkan mobilitas masyarakat dengan menggunakan  berbagai  sarana angkutan, baik angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara, terutama menjelang, pada saat dan setelah perayaan paskah,” katanya.

“ situasi seperti ini merupakan faktor yang dapat menimbulkan kerawanan terjadinya gangguan kamtibmas.disisi lain saat ini kita sedang melaksanakan kegiatan tahapan dari pemilu legislatif dan presiden,” ujarnya.

Lanjutnya “ potensi kerawanan di prediksi akan meningkat baik berupa pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, penyebaran hoax dan hate speech, pelaksanaan kampanye menggunakan tempat ibadah saat masa tenang, libur panjang pekan pemilu, money politik,  maupun kerawanan lainnya yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah prosesi perayaan paskah.

Ia juga menyampaikan Polres Sumba Timur dan jajaran bekerja sama dengan instansi terkait serta dukungan masyarakat menggelar operasi kepolisian agar operasi ini dapat terlaksana secara optimal diperlukan kesiapan lebih dini, baik dalam intern kepolisian sendiri maupun lintas sektoral dengan instansi terkait.

“ saya yakin semuanya telah dilaksanakan oleh saudara – saudara sekalian oleh sebab itu pelaksanaan kesiapan operasi tersebut maka pada hari kita selenggarakan upacara kesiapan yang diikuti oleh seluruh personil yang akan bertugas dalam pengamanan nanti,” pungkasnya.

“ dalam pelaksanaan operasi ini, sangat diperlukan peran aktif seluruh unsur Polri dan TNI serta seluruh potensi masyarakat yang ada guna mengantisipasi permasalahan – permasalahan yang dihadapi yang memerlukan pemecahan secara bersama, “ terangnya.

Operasi Semana Santa Turangga 2019 akan dilaksanakan selama 15 hari atau dari tanggal 11 sampai dengan 25 April 2019.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Cabuli Anak Dibawah Umur, Oknum Guru Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Tribratanewssumbatimur.com – SL (51) Warga Dusun Karawatu, Desa Kadumbul, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *