13 Ekor Kerbau Diduga Hasil Curian Ditemukan Warga Desa Kambuhapang

13 Ekor Kerbau Diduga Hasil Curian Ditemukan Warga Desa Kambuhapang
Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky didampingi Kapolsek Lewa Ipda Marius P. Himbir saat meninjau hewan yang diduga hasil curian. Selasa 17 September 2024. Dok. Humas Res ST.

Tribratanewsst.com_ Sebanyak 13 ekor hewan kerbau diduga hasil pencurian ditemukan warga di Desa Kambuhapang, Kecamatan Lewa, Sumba Timur pada selasa 17 September 2024 dini hari.

Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi bersama timnya langsung terjun ke Polsek Lewa pada Selasa sore guna meninjau hewan-hewan tersebut. 

Dalam pernyataannya, AKBP E. Jacky menegaskan bahwa Polres Sumba Timur beserta jajarannya akan melanjutkan penyelidikan terkait temuan ini, yang diduga merupakan hasil pencurian yang terjadi pada Senin, 16 September 2024.

“Kami bersama Polsek lewa terjun langsung ke lapangan untuk mengecek bagaimana situasi yang ada dan menemui beberapa pemilik untuk berkoordinasi selanjutnya kami akan mendalami kasus ini." Ujar AKBP E. Jacky.

Kapolres Sumba Timur menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan kasus ini hingga para pelaku pencurian dapat ditemukan dan ditangkap. 

Terkait status kepemilikan hewan, AKBP E. Jacky menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Penyuluh Peternakan guna memastikan siapa pemilik sah dari kerbau-kerbau tersebut.

“Saat ini kami terus berkoordinasi dengan penyuluh untuk memastikan status kepemilikan. Setelah kepemilikan dipastikan, kami akan mengembalikan hewan ini kepada pemiliknya sambil terus mencari dan mengungkap siapa pelakunya,” tambah AKBP E. Jacky.

Kronologi penemuan hewan kerbau tersebut berawal dari laporan seorang warga berinisial M, yang mendengar suara gaduh seperti suara hewan dari arah belakang rumahnya. 

Saat memeriksa, ia melihat sekumpulan kerbau melintas dan beberapa orang tak dikenal melarikan diri. 

M kemudian mengikat hewan-hewan tersebut dekat rumahnya dan melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polsek Lewa.

Petugas Polsek Lewa segera mendatangi lokasi dan menginformasikan kejadian kepada tim Resmob Polres Sumba Timur untuk lakukan pengejaran terhadap terduga pelaku. 

Ketigabelas hewan kerbau yang ditemukan kemudian dibawa ke Polsek lewa untuk mengidentifikasi status kepemilikan hewan tersebut. 

Dari hasil penyelidikan sementara 13 hewan jenis kerbau tersebut milik 5 orang warga Dusun Lindimara, Desa Kondamara, Kecamatan Lewa,  Sumba Timur.

Menurut keterangan salah satu pemilik, hewan tersebut diketahui hilang oleh pengembala sekitar pukul 18.00 wita pada senin 16 September 2024 kemarin.

Sempat dilakukan pencarian oleh pengembala dan keluarganya akan tetapi tidak ditemukan hingga kemudian ditemukan warga Desa Kambuhapang, yang berjarak sekitar 4 km dari lokasi asal hewan kerbau tersebut. _052