Dialog Dengan Forkompinda Terkait PPKM Level IV, Kapolda NTT : Imbauan Covid 19 Secara humanis Tidak Perlu Kekerasan

Dialog Dengan Forkompinda Terkait PPKM Level IV, Kapolda NTT : Imbauan Covid 19 Secara humanis Tidak Perlu Kekerasan

Tribratanewsumbatimur.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum bersama Danrem 161/WS Kupang Brigjen TNI Legowo W.R Sujatmiko, SIP., M.M, Danlanud El Tari Kupang Brigjen TNI Umar Fathurrrohman, S.IP., M.Si., M.Tr.(Han) dan Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus Nugroho, S.Sos., M.Tr, melaksanakan dialog dan tatap muka bersama Forkopimda Kabupaten Sumba Timur di gedung Nasional Waingapu, Rabu (28/7/2021).

Kegiatan tatap muka ini Kapolda NTT didampingi pejabat Polda NTT Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli S.S.T.M., S.H., M.M, Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto., S.H. S.I.K., M.H, Dirsamapta Polda NTT, Kombes Pol. Sudarmin S.I.K., M.H dan Kabid TIK Polda NTT Kombes Pol. I Made Rasma Jemy Karang S.I.K., MSi.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Timur Drs. Kristofel Praing, M.Si mengatakan bahwa PPKM di Kabupaten Sumba Timur merupakan ke 12 kali tetapi dengan tetap melonjaknya pasien Covid sehingga Pemerintah menaikan status PPKM menjadi level IV.

“Hal tersebut menjadi komitmen Pemda Sumba Timur berupa mengupayakan isolasi mandiri bagi pasien terpapar Covid pada lokasi Isoma terpusat yang telah di siapkan oleh Pemerintah. Data terkonfirmasi covid-19 yang Positif sebanyak 3.316 orang, dirawat 908 orang, Sembuh 2.343 orang dan Meninggal 65 orang. Sementara di rawat RSUD sebanyak 41 orang, Hotel cendana 25 orang, Isoman di rumah 845 orang,” jelas Bupati Sumba Timur.

Dijelaskannya bahwa saat ini Vaksinasi untuk Kabupaten Sumba Timur masih minim. “Harapan kami kepada Kapolda NTT memberikan petunjuk dan masukan terkait dengan kasus Covid di Kabupaten Sumba Timur sehingga menjadi acuan bagi kami Pemda TNI-Polri dalam penanggulangannya,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut Kapolda NTT meminta kepada TNI-Polri dan Pemda Sumba Timur agar jangan menyerah dalam menghadapi Covid 19.

“Dikesempatan ini kami berterimakasih kepada Forkopimda dan DPRD serta Instansi terkait bahwa penangan Covid di Kabupaten Sumba Timur telah dilaksanakan dengan baik. Sehingga mari kita bersama melakukan upaya pencegahan Covid 19 agar dapat kembali berangsur baik," katanya.

"Perketat semua kegiatan masyarakat seperti pesta-pesta, tempat duka serta pasar dan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga meminta Kapolres Sumba Timur melakukan penyekatan-penyekatan bagi masyarakat yang datang dari luar Kabupaten.

“Berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten tetangga terkait dengan aktifitas keluar masuknya masyarakat. Penyampaian imbauan Covid 19 harus secara humanis tidak perlu secara kekerasan,” tambahnya.

Jenderal bintang dua di Polda NTT ini mengingatkan Petugas agar mampu menyemangati para pasien yang terpapar covid-19 dan meningkatkan penyaluran Vaksinasi di Kabupaten Sumba Timur serta diupayakan semua masyarakat Kabupaten Sumba Timur mendapatkan pelayanan Vaksinasi covid-19.

Sementara Danrem 161/WS Kupang Brigjen TNI Legowo W.R Sujatmiko, SIP., M.M, meminta kepada media pers untuk membantu Pemerintah dalam menangkal berita-berita terkait Covid 19 yang dapat meresahkan masyarakat.


*g26*