Dialog pemahaman nilai-nilai kebangsaan bagi masyarakat pulau terluar sebagai upaya untuk terus menjaga keutuhan NKRI

Dialog pemahaman nilai-nilai kebangsaan bagi masyarakat pulau terluar sebagai upaya untuk terus menjaga keutuhan NKRI

Tribratanewssumbatimur.com -  Dalam upaya untuk terus menjaga keutuhan NKRI, Kepolisian Resor Sumba Timur mengikuti kegiatan dialog pemahaman nilai-nilai kebangsaan bagi masyarakat pulau terluar yakni Pulau Salura untuk mencegah masuknya teroris, imigran gelap dan pemboman ikan wilayah Sumba Timur, Kamis(24/8/217) yang bertempat di Desa Praisalura, kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Sumba Timur dihadiri oleh Kabid Pengkajian Masalah Strategis Daerah (Jimastrada)  kesbangpol kabupaten Sumba Timur, Staf Kesbangpol, Kapospol Salura, Babinsa Karera, Jurnalis dari beberapa media online, aparatur desa setempat, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama beserta Masyarakat Desa Praisalura.

[caption id="attachment_5829" align="aligncenter" width="932"] foto : dok humas[/caption]

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Pasi Intel Kodim 1601 Sumba Timur Kapten Inf. Sambudi, Dan Pos AL Sumba Timur Letda Laut Purwadi, Kanit III SatIntelkam mewakili Kasat Intelkam Polres Sumba Timur Bripka I Wayan Gelgel Eka Putra.

Dalam penyampaian materi yang dibawakan, para narasumber menekankan untuk terus menanamkan tentang nilai-nilai kebangsaan dalam mencegah terorisme dan imigran gelap ditinjau dari pertahanan dan keamanan di kabupaten Sumba Timur, menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam upaya pengamanan garis pantai dan pencegahan pemboman ikan di kabupaten Sumba Timur serta menjelaskan definisi terorisme dan radikalisme, bentuk radikalisme dan faktor penyebab individu radikal.

[caption id="attachment_5831" align="aligncenter" width="932"] foto ; dok humas[/caption]

Kegiatan tersebut juga disambut respon yang positif oleh masyarakat desa setempat. Mereka juga mengharapkan agar pemerintah mau membangun tower/relay untuk mempermudah jaringan komunikasi sehingga mempercepat penyampaian informasi serta pemberian kendaraan operasional dilaut kepada Pospol Salura untuk mempermudah monitoring pantai di wilayah salura. (Lasiokode39)