Kapolsek Umalulu hadiri kegiatan deklarasi penyederhanaan adat kematian

Kapolsek Umalulu hadiri kegiatan deklarasi penyederhanaan adat kematian

Tribratanewssumbatimur.com Kapolsek Umalulu Iptu Jumaeni menghadiri kegiatan deklarasi penyederhanaan adat kematian (untuk kebaikan bersama, bukan menghilangkan makna adat) yang diselenggarakan oleh forum peduli adat Pangadangu Mahamu, Rabu (20/9/17) siang.

Bertempat di Pekarangan kampung adat Pau Umabara, desa Watuhadang, kecamatan Umalulu diikuti oleh kurang lebih 250 orang warga kecamatan Umalulu yang dihadiri oleh Raja Pau, Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbiliyora, M.Si., Kasat Pol. PP, wakil ketua dan anggota DPRD, Pimpinan SKPD, Camat Umalulu, tokoh adat sumba timur, forum peduli dan tokoh masyarakat kecamatan umalulu.

[caption id="attachment_6055" align="aligncenter" width="932"] Kapolsek Umalau Iptu Jumaeni saat berbicang dengan tokoh adat[/caption]

Inti dari acara deklarasi adat tersebut adalah menyederhanakan penyelenggaraan adat kematian di Desa Watuhadang yang cenderung terjadi pemborosan. Penyederhanaan yang dilakukan yakni membatasi waktu penyimpanan mayat selama delapan hari, pemberian makan minum kepada keluarga atau tamu yang datang, pembayaran dan pembalasan adat. (pc26)