Menyimak Suka-duka Polisi Perbatasan Di Ujung Selatan Pulau Sumba

Menyimak Suka-duka Polisi Perbatasan  Di Ujung Selatan Pulau Sumba

Tribratanewssumbatimur.com – Pulau salura adalah salah satu pulau terluar Indonesia. Berada di wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur.

Pulau salura termasuk dalam satu pemerintahan desa, yaitu desa Praisalura. Pulau salura berbatasan langsung dengan wilayah negara Australia dengan jarak sekitar 800 mil.

Terletak diujung selatan kabupaten Sumba Timur, pulau yang  ini terdapat sebuah tugu yang menyatakan bahwa pulau ini adalah milik Republik Indonesia dan terdapat juga pos polisi perbatasan yaitu Polsubsektor Salura.

[caption id="attachment_3612" align="aligncenter" width="933"] salura1 kegaiatan sambang ke rumah warga di desaa Prai Salura[/caption]

Polsubsektor Salura berangotakan 4 orang personel Polisi perbatasan yang dipimpin oleh seorang Kapolsubsektor Brigpol Asmunandar. Jarak sekitar 162 Km dari Kota Waingapu yang ditempuh oleh anggota Polsubsektor Salura untuk sampai ke pantai Katundu Desa Praimadita dari sinilah titik jalur transportasi ke pulau salura dan mengkudu.

Sesampainya di Pantai Katundu bisa menyewa perahu Ketinting untuk menyeberang ke Pulau Salura yang disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan kapal dari Pantai Katundu menuju ke Pulau Salura memakan waktu sekitar satu jam.

[caption id="attachment_3614" align="aligncenter" width="933"] salura4 Kapolsubsektor bersama para nelayan musiman, nampak rumah dan tenda darurat para nelayan musiman[/caption]

Waktu terbaik untuk menyebrang ke pulau ini adalah antara sekitar bulan Mei hingga November setiap tahunnya. Pada bulan Desember hingga April, biasanya kapal-kapal akan berhenti beroperasi karena memasuki musim barat dimana ombak di sepanjang laut menuju ke Pulau Salura akan menjadi tinggi dan berbahaya. Hal ini lah yang merupakan kendala bagi anggota Polsubsektor Salura dalam melaksanakan tugas, sehingga setiap kali anggota Polsubsektor Salura menyebrang ke pulau tersebut selalu membawa bekal persediaan sembako yang cukup terutama stok air minum.

Masyarakat di Desa Prai Salura sangat ramah terutama kepada anggota Polsubsektor Salura. Mereka sangat bersyukur kepada Polri dan pemerintah karena meskipun desa mereka berada di wilayah perbatasan meraka masih merasa aman dan nyaman karena ada Polisi ditengah-tengah kehidupan masyarakat Desa Prai Salura.

[caption id="attachment_3613" align="aligncenter" width="932"] salura7 pembagian Raskim kepada warga desa Praisalura[/caption]

Kehadiran Polisi di ditengah-tengah kehidupan masyarakat terutama diwalayah perbatasan sangatlah membantu. Meskipun terdapat kendala yang dihadapi oleh para Polisi perbatasan tersebut terutama sarana dan prasana dalam mendukung pelaksanaan tugas mereka di lapangan, mereka tetap semangat dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan oleh Negara kepada mereka. Semoga Polri tetap jaya dan semakin Profesional, Modern dan Terpercaya dimanapun mereka bertugas. (pc26)