Lewat Minggu Kasih, Polres Sumba Timur Hadir Sebagai Keluarga Di Tengah Masyarakat

Lewat Minggu Kasih, Polres Sumba Timur Hadir Sebagai Keluarga Di Tengah Masyarakat
Kapolres AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi saat menyampaikan himbauan minggu kasih di GKS Lambanapu. Dok. Humas Res ST.

Tribratanewsst.com_ Dalam upaya mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat, Kapolres Sumba Timur, AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi, laksanakan kegiatan Minggu Kasih.

Kegiatan ini berlangsung di Gereja Kristen Sumba Jemaat Lambanapu, Kelurahan Maulumbi, Kecamatan Kambera, pada Minggu 29 September 2024.

Minggu Kasih ini merupakan bagian dari program Kapolri yang bertujuan untuk menjalin kedekatan antara Polri dan Masyarakat dari tingkat Mabes hingga tingkat terkecil di Polsek jajaran.

Minggu Kasih menjadi salah satu inisiatif yang penting, karena mencerminkan komitmen Polri untuk hadir di tengah masyarakat sebagai bagian dari keluarga.

“Saya hadir sebagai keluarga dari Bapa Mama semua. Kami dan jajaran siap bersama-sama dengan saudara-saudara semua untuk membangun kesejahteraan masyarakat dari aspek keamanan.” Ujar AKBP E. Jacky. 

Pernyataan ini menunjukkan niat tulus Kapolres untuk menghapus jarak antara kepolisian dan masyarakat, sehingga komunikasi dapat berjalan lebih lancar.

Kehadiran Kapolres dalam kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan.

AKBP E. Jacky menekankan bahwa menciptakan situasi yang aman dan damai bukanlah tugas polisi semata, melainkan tanggung jawab bersama. 

Kapolres juga mengingatkan akan pentingnya menjaga ketertiban menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Sumba Timur.

“Kami ingin mendekatkan diri. Diharapkan, ke depan kita dapat bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan damai di Kabupaten Sumba Timur,” Lanjut AKBP E. Jacky.

Lebih lanjut ditekankan bahwa upaya menjaga keamanan harus dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Dengan membangun komunikasi yang baik dalam keluarga dan lingkungan sekitar. 

Di tempat yang sama, Pdt. Yuliana W. Kilimandu,S.Th., selaku Ketua MPMJ GKS Lambanapu menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Kapolres dalam kegiatan Minggu Kasih. Ia berharap kolaborasi antara Polres Sumba Timur dan Sinode GKS dapat terus berlanjut. 

“Kami percaya bahwa dalam kaloborasi bersama Polres Sumba Timur dan Sinode GKS, kita akan berjalan bersama - sama terus mengupayakan syalom Allah itu boleh terus dapat dinikmati di Kabupaten Sumba Timur,” ungkapnya. _052