Sie TIK Polres Sumba Timur siap menunjang Kinerja Polri Ditengah Pandemi

Sie TIK Polres Sumba Timur siap menunjang Kinerja Polri Ditengah Pandemi
Kasie TIK (tanda x) dan anngota saat persiapan Meeting Zoom (dok.humas)

Tribratanews ST_ Waingapu, Di era digital yang berkembang pesat saat ini,sebagai salah satu Fungsi di jajaran Kepolisian Republik Indonesia, Sie Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) merupakan bagian penting dalam tubuh POLRI. Sie TIK yang sebelumnya bernama Sitipol, tidak bisa dipandang sebelah mata dalam mengemban tugas di Instansi ini.

 

TIK bertugas menyelenggarakan pelayanan teknologi komunikasi dan informasi, meliputi kegiatan komunikasi kepolisian, pengumpulan dan pengolahan serta penyajian data, termasuk informasi kriminal dan pelayanan multimedia.

TIK menyelenggarakan fungsi:

  1. Pemeliharaan jaringan komunikasi kepolisian dan data, serta pelayanan telekomunikasi;
  2. Penyelenggaraan sistem informasi kriminal, yang meliputi penyiapan dan penyajian data dan statistik kriminal; dan
  3. Penyelenggaraan koordinasi dalam penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dengan satuan fungsi di lingkungan Polres.

Anggota TIK Polres Sumba Timur Saat Persiapan Zoom Meeting (dok.humas)

Sebagai fungsi pengelola jaringan dan data kepolisian di satuannya masing-masing, personil TIK juga tetap menjalankan tugasnya sebagai aparat  Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyrakat di Wilayah tempat tugas dan tempat tinggalnya.

 

Dikomandani oleh Aipda Fathulah Algadrie selaku Kasie Tik dan anggotanya yakni Bripka Hendra Saputra serta Brigpol Najir Helmin, siap dan selalu ada, ketika dibutuhkan, mencurahkan semua tenaga dan pikiran untuk menunjang kinerja dari instansi.Ditengah pandemi Covid dan  kepadatan Tugas Kepolisian Saat ini, TIK hadir dengan menyelenggarakan kegiatan Virtual melalui “ Video Conference (vicon) dan Zoom Meeting”.

 

Jumat 18 Maret 2022,bertempat di Gerai Vaksin gedung Multimedia Sanika Satyawada, pesonil Tik Polres Sumba Timur siaga dan setia menyelenggarakan Zoom Meeting terkait “ Vaksinasi Serentak Seluruh Indonesia”, yang dipantau secara Langsung oleh Wakapolri Komjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. dari BEACHWALK SHOPPING CENTER KUsA Bali.

 

Saat dikonfirmasi oleh tim humas Polres Sumba Timur bagaimana cara anggota Tik membagi waktu? Aipda Fathul yang akrab disapa Abba Hull menuturkan “Kami (TIK) harus selalu siap dan on call setiap saat,terkadang ada perintah pimpinan yang sifatnya dadakan dan urgent”. Jadi harus pintar dan tepat membagi waktu untuk dinas dan keluarga. “ Ya....Namanya juga Tugas, mau tidak mau harus tetap dijalankan, dan yang penting jangan lupa berdo’a dan salam sehat” tutup abba Hull sambil bercanda. (JOLA)