Kapolres Sumba Timur : Jelang Pemilu 2019 Waspadai Kampanye Hitam Yang Berisi Kebohongan, Kepalsuan dan Hoax

Tribratanewssumbatimur.com – Sebelum mengunjungi warga Kecamatan Kambera, Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M.T Silalahi, S.H., M.H terlebih dahulu mengunjungi warga Kecamatan Kota Waingapu, Kamis (4/4/2019) pagi.

Kunjungan kerja Kapolres Sumba Timur di kantor Kecamatan Kota Waingapu tersebut dalam rangka melaksanakan rapat koordinasi bersama pemerintah Kecamatan Kota Waingapu Kota, menjelang pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilu 2019.

“ pemilu adalah wujud sebuah Pesta Demokrasi sebagai upaya untuk menyukseskan pembangunan nasional yang berkelanjutan guna menyejahterakan Rakyat Indonesia, untuk itu masyarakat yang telah memiliki Hak pilih pada Pemilu untuk datang ke TPS yang telah ditentukan dan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M.T Silalahi, S.H., M.H.

” TNI Polri berkomitmen untuk menjaga serta menjamin keamanan seluruh masyarakat Indonesia dalam pesta demokrasi Pemilu pada 17 April 2019 mendatang,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan yang perlu di waspadai adalah kampanye hitam yang berisi kebohongan, kepalsuan dan hoax dalam bentuk firehose of falsehood (FOF). “ apabila kebohongan, hoax tersebut dilakukan secara masif dan berulang-ulang maka akan dianggap benar oleh masyarakat yang pada akhirnya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

“ dalam menghadapi berita hoax dalam bentuk FOF tersebut, Jangan mudah terpancing dengan pemberitaan atau apapun yang yang belum jelas kebenarannya. Apalagi ikut memviralkan. Kata kuncinya adalah kita harus mampu mengendalikan diri dan tidak reaktif,” katanya.

“ terus menerus banjiri publik lewat media apapun dengan kebenaran dan energi positif. Hal ini merupakan slah satu cara untuk mengcounter berita hoax secara tidak langsung. Berikan data yang benar dengan cara yang sederhana sehingga mudah dicerna publik,” jelasnya.

Baca Juga : Dihadapan Masyarakat Kecamatan Kambera, Kapolres Sumba Timur Himbau Masyarakat Untuk Tidak Golput

Kapolres juga mengajak masyarakat yang hadir, agar bersama-sama menjaga kamtibmas jelang Pemilu.

“ waspadai pihak-pihak yang akan mengintimidasi pada saat hari pencoblosan. Strategi pengamanan pemilu yang dilakukan Polri berupa deteksi dini, cipta kondisi dan gakkum, dimana polri sebagai cooling system untuk menciptakan pemilu damai,” kata Kapolres.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolres Sumba Timur ke Kecamatan Kota Waingapu tersebut dihadiri oleh Camat Kota Waingapu Melkianus Etu Dondu, SE, Kapolsek Waingapu IPDA Moses Kopong, Danramil Kota Kapten Inf. Nur Cahyono, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Lurah dan Kepala Desa, PPK, Panwascam, Tokoh masyarakat, dan staf Kecamatan Kota Waingapu.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Polres Sumba Timur Ikut Upacara HUT TNI Ke 74

Tribratanewssumbatimur.com – Personel Polres Sumba Timur mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *