Tim Saber Pungli Polres Sumba Timur Sambangi Kantor Bulog Sub Drive Waingapu

Tribratanewssumbatimur.com – Polres Sumba Timur semakin gencar dalam melasanakan kegiatan sosialisasi saber pungli ke sejumkah instasi untuk mencegah terjadinya penyelewengan jabatan atau korupsi.

Bertempat di kantor Bulog Sub Drive Waingapu, Selasa 6/7/2019) siang, Kasiwas Polres Sumba Timur Aipda Melianis Sunbanu yang di dampingi Kaur Bin Ops Satuan Binmas Aipda I Wayan Darmayasa memberikan sosialisasi berdasarkan dasar hukum  yaitu tentang undang – undang No. 31 Tahun  1999 Jo Undang – Undang RI  No. 20 Tahun 2001 tentang  Pemberantasan Tindak Pidana  Korupsi.   Peraturan Presiden  No 87 Tahun 2016 Tentang Unit Sapu Bersih Pungutan Liar  ( Saber Pungli).   Instruksi Presiden No 7 Tahun  2015 Tentang  Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. 

Dihadapan para pegawai Bulog Sub Srive Waingapu, Aipda Melianus menjelaskan tentang dasar hukum untuk melakukan penindakan di lapangan.

” Tugas Pokok dan Fungsi tim yang sudah terbentuk yaitu melakukan pengawasan terhadap tindakan pungutan liar oleh lembaga pemerintah di Kabupaten Sumba Timur,” jelas Aipda Melianus.

” Pungli terjadi karena adanya perbuatan melawan hukum.
Pungli terjadi ketika ada hubungan langsung antara masyarakat dengan yang mempunyai kewenangan, ketika  masyarakat meminta tolong untuk percepatan dan Melemahkan masyarakat dengan alasan kurangnya persyaratan serta Membuat produk untuk wajib di beli dan lain-lain,” ujarnya.

Tim Saber Pungli Polres Sumba Timur saat menyambangi pelayanan retribusi terminal bus angkutan pedesaan pasar inpres matawai waingapu (dok. Humas resST)

Selain melaksanakan sosialisasi di kantor Bulog Sub Drive Waingapu, Tim Saber Pungli  Polres Sumba Timur juga menyambangi pelayanan retribusi terminal bus angkutan pedesaan pasar inpres matawai waingapu untuk menyampaikan himbauan.

Kepada pegawai perhubungan darat yang bertugas dalam melayani retribusi parkiran terminal Tim Sabe Pungli menyampaikan untuk tidak menerima uran retribusi di luar ketentuan yg sudah di tetapkan serta menolak segala bentuk Pungli yang terjadi di sekitar terminal matawai.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Berbalut Kain Tenun Sumba Timur Wakapolda NTT Hadiri Sumba Heritage Fashion Carnival

Tribratanewssumbatimur.com – Berbalutkan kain tenun khas Sumba Timur Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *