Kapolres Sumba Timur Pimpin Langsung Pengamanan Malam Takbiran

Tribratanewssumbatimur.com – Sekitar seribu lebih umat muslim di Masjid AT Taqwa Kamalaputi, Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur antusias mengikuti malam pawai Takbiran 1 Syawal 1440 Hijriah, Selasa (4/6/2019) malam.

Pawai malam Takbiran itu dengan star dari mesjid AT Taqwa kemudian mengikuti jalan Jln. Panjaitan, Jln.Jendral Ahmad Yani, dan kembali ke masjid tersebut. Umat muslim mengikuti pawai akbar malam Takbiran itu, ada yang berjalan kaki, dan ada yang menggunakan kendaraan roda dua

Terlihat dalam pawai itu mereka juga mengotong replika/miniatur hewan unta, miniatur masjid, miniatur Al Quran. Selain itu, terlihat juga mereka khusus kepada anak-anak membawa lampu obor dan membawa lampu lampion, memukul bedug dan sambil meneriakan Alllahu Akbar-Allahu Akbar.

Dalam pawai itu juga diiringi oleh drum band dan usai pawai Takbiran itu, mereka juga menyalakan lampu lampion kemudian melepaskan ke udara dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri itu.

Dalam mengamankan kegiatan tersebut, Polres Sumba Timur bersinergi dengan Brimob, TNI dari Kodim 1601 Sumba Timur, Dinas Perhubungan, Banser, dan organisasi mahasiswa dari GMNI. Pengamanan pawai Takbiran itu dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP. Victor M.T. Silalahi, SH.,MH.

Kapolres Sumba Timur AKBP. Victor M.T. Silalahi, SH.,MH mengatakan, Polres Sumba Timur memberikan ijin keramainan untuk pawai akbar malam Takbiran itu sudah melalui proses pertimbangan yang matang terkait keaaman. Pihaknya juga telah melakukan penyelidikan sebelumnya sebelum pawai akbar digelar.

” dari hasil penyelidikan itu, tidak ditemukan potensi kerawanan yang menonjol di Sumba Timur pada saat digelarnya pawai malam Takbiran itu dan bisa untuk dilakukan pawai itu dan kami telah menggelar rapat bersama dengan semua pihak dalam rangka mengamankan pawai Takbiran, termasuk hari ini sholat idul fitri,” kata Kapolres.

” lancarnya pawai akbar malam takbiran di Kota Waingapu berkat kerja sama para imam masjid, para Toga, Tomas, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Banser, dan Organisasi Mahasiswa dari GMNI dan GMKI yang turut terlibat mengamankan jalannya pawai Takbiran,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Malam Takbiran Remaja Masjid At Taqwa Kamalaputi Muhammad Sya’ban, mengatakan pawai malam Takbiran itu diselenggarakan oleh remaja masjid AT Taqwa yang ada di lingkungan Kamalaputi.

” untuk pawai malam Takbiran yang digelar remaja masjid Kamalaputi sudah 13 tahun sejak tahun 2006,” jelas Sya’ban.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan yang setia ikut mengamankan proses jalannya pawai Takbiran. Dan juga kepada organisasi mahasiswa GMNI dan GMKI yang juga turut mengamankan proses pawai itu.

*g26*

About Humas Polres Sumba Timur

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Timur - Admin Brigpol Deny Nappoe

Check Also

Polres Sumba Timur Ikut Upacara HUT TNI Ke 74

Tribratanewssumbatimur.com – Personel Polres Sumba Timur mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *