Kapolres Sumba Timur bekali Personel kawal Dana Desa dengan menggelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan Dana Desa

Kapolres Sumba Timur bekali Personel kawal Dana Desa dengan menggelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan  Dana Desa

Tribratanewssumbatimur.com – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melalui program Nawa Cita membangun dari pinggiran dan desa-desa melalui pemberian Dana Desa langsung dari APBN untuk dikelola masyarakat desa.

Dana Desa juga terbukti mampu menghidupkan geliat perekonomian desa. Tak hanya itu peningkatan infrastruktur di sea Desa juga mulai dirasakan oleh masyarakat. Dari sisi skema dana desa mengalami peningkatan yang signifikan. Agar tidak terjadi penyelewengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama dua lembaga pemerintah, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang pengawasan dana desa di Gedung Rupatama Mabes Polri.

Untuk membekali personel Porli terutama Bhabinkamtibmas, Polres Sumba Timur menggelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan  Dana Desa, Selasa (7/11/17) pagi.

Kegiatan sosialisasi dipimpin lansung oleh Kapolres Sumba Timur AKBP victor M. T. Silalahi,  SH,  MH dan didampingi oleh Wakapolres Sumba Timur Kompol Vitalis Ng.  Sobak yang diikuti oleh Kasat Reskrim Iptu Gama Anindya Guna,  S. IK,  MH, Kasat Intelkam Iptu Leonardus Leu, Kasat Binmas Iptu I Ketut Suardana, Kaurbinops Sat Reskrim Ipda Maryana, anggota Satreskrim, anggota Satbinmas, Kanit Reskrim Polsek jajaran, Bhabinkamtibmas Polres Sumba Timur, Kanit Binmas Polsek jajaran dan anggota Binmas.

“ MoU yang diteken langsung oleh Kapolri merupakan perintah dan atensi bagi seluruh jajaran Kepolisian untuk dilaksanakan, untuk itu setiap anggota untuk lebih pro-aktif dalam mengawal dana desa terutama Bhabinkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Kapolres.

“ tindakan pencegahan yang akan dijalankan oleh anggota Polri dalam mengawal penggunaan Dana Desa yakni dengan melakukan pengawasan mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan,” ujar Kapolres

Kapolres juga mengingatkan kepada setiap anggota untuk tidak main - main dalam mengawasi Dana Desa dan jika ditemukan anggota yang bekerja sama dengan aparatur desa untuk menyelewengkan Dana Desa akan ditindak tegas, sebalinya Kapolres menyampaikan bahwa Kapolri akan memberikan penghargaan untuk setiap anggota yang mengawal Dana Desa dengan baik.

Ditambahnya pula dalam melaksanakan pengawasan Dana Desa anggota Polri harus membangun konsultasi dengan pihak terkait, harus proaktif dalam upaya pencegahan dan pengawasan Dana Desa. (pc26)